Kepala Inspektorat OKU Diduga Meninggal Karena Tersedak

13
Ari Susanto disemayamkan di rumahnya di kelurahan Sepancar Lawang Kulon, kecamatan Baturaja Timur. Foto: dok Polsek Baturaja Timur. (*)

OKU – Kabar duka kembali menyelimuti Kabupaten OKU. Seorang pejabat pemerintah kabupaten OKU menghembuskan napas terakhirnya pada 21 April. Ia adalah Ari Susanto AK. MM (56) yang menjabat sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten OKU.

Warga Jl A Yani km 13 Dusun Sumber Jaya, Kelurahan Sepancar Lawang Kulon, Kecamatan Baturaja Timur tersebut diketahui meninggal dunia pertama kali oleh Juni Erson (40) dan Yulianti (33). Juni merupakan sopir Ari, sedangkan Yulianti adalah pembantu rumah tangga Ari.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga SIK. MH melalui Kasubbag Humas Polres OKU AKP Mardi Nursal mengatakan, Ari diketahui meninggal berawal dari kecurigaan Yulianti. Ia curiga Ari belum bangun tidur. Kemudian Yulianti ke rumah Ari dan memanggilnya. Namun panggilan tersebut tak ada jawaban. Yulianti pun masuk rumah Ari menggunakan kunci yang dipercayakan Ari kepadanya.

“Setelah Yulianti masuk rumah, ia menemukan Ari tergeletak di tempat tidur dengan mulut berbusa dan mengeluarkan darah. Melihat kondisi Ari tersebut, Yulianti meminta pertolongan Jumi,” ucap Mardi.

Karena mencurigakan, polisi pun dihubungi. Tim Inavis Polres OKU bersama Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur dan petugas medis tiba di kediaman Ari. Petugas pun melakukan olah TKP, identifikasi, serta pengumpulan barang bukti.

Mardi mengungkapkan, hasil pemeriksaan luar tubuh Ari, ia diduga meninggal karena tersedak saat tidur. Sehingga makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelumnya masuk ke rongga pernafasan dan paru-paru. Kondisi ini mengakibatkan pendarahan melalui mulut dan hidung. “Namun untuk memastikan penyebab pasti kematian korban diperlukan otopsi,” jelasnya.

Setelah olah TKP, jenazah Ari dibawa ke RS Antonio untuk diperiksa lebih lanjut. Setelah itu, jenazah Ari dibawa ke rumah duka di Semarang (Jateng). “Jenazah dipulangkan ke rumah duka di Semarang,” pungkas Mardi. (lee)