PDAM Bersihkan Delapan IPA

9
Petugas PDAM OKU membersihkan salah satu bak pengolahan air. Upaya optimalisasi layanan sudah dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadan. Foto: mustofa/oku ekspres. (*)

OKU – Memaksimalkan layanan produksi air bersih, PDAM OKU sudah banyak melakukan upaya. Bahkan upaya tersebut dilakukan sejak beberapa bulan belakangan sebelum Ramadan.

“Pertama perawatan rutin. Kedua di bulan Ramadan, penggunaan air bersih meningkat dibanding hari biasa. Sehingga produksi air bersih harus dimaksimalkan,” ujar Direktur PDAM OKU H Abi Kusno melalui Kasi Produksi Masri, kemarin (15/4).

Masri mengatakan, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kuantitas air adalah membersihkan seluruh pengolahan air. Mulai dari pengolahan di kantor pusat hingga unit pengolahan Ibu Kota Kecamatan (IKK).

“Ada yang sudah dibersihkan, ada yang sedang dibersihkan, bahkan ada yang belum dibersihkan karena masih menunggu jadwal pembersihan,” jelasnya.

Pengolahan air bersih yang sudah dibersihkan adalah IPA (Instalasi Pengolahan Air) Batukuning, Lubuk Batang, dan Penyandingan. Selain pembersihan sumur tangkap, petugas juga membersihkan Water Treatment  Plant (WTP) serta filter atau penyaring air.

Sementara, pengolahan di PDAM induk sedang dibersihkan. Masih ada pekerjaan yang tertunda, yakni pembersihan bak prasedimentasi. Sedangkan IPA Bakung dan Tanjung Baru, proses pembersihan baru dikerjakan.