Harga Sembako Stabil, Operasi Pasar Tetap Digelar

7
Sekda OKU H A Tarmizi bersama TPID OKU dan Forkominda melakukan sidak harga kebutuhan pokok di Pasar Atas dan Pasar Baru, kemarin (15/4). Sidak ini dilakukan dalam rangka memastikan persediaan barang dan harga stabil. Foto: Ist. (*)

OKU – Pemerintah Kabupaten OKU melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua pasar di kota Baturaja. Sidak di Pasar Atas dan Pasar Baru dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah atau TPID dan dipimpin Sekda OKU H A Tarmizi.

Selain kedua pasar tersebut, petugas juga memantau harga semabko di toko ritel waralaba serta agen elpiji 3 kg. “Sidak ini untuk mengecek harga dan ketersediaan pangan sepanjang Ramadan hingga menjelang Idul Fitri,” ujar Sekda OKU H A Tarmizi.

Tarmizi mengungkapkan, sidak ini sebagai upaya deteksi dini kenaikan harga maupun potensi kelangkaan kebutuhan pokok selama Ramadan dan menjelang lebaran.

“Sejauh ini, tidak ada kelangkaan barang, harga juga masih stabil. Ada kenaikan (harga) tapi sedikit. Semoga, kondisi seperti ini bertahan sampai menjelang hari raya Idul Fitri,” harap Tarmizi.

Mengenai operasi pasar, Tarmizi mengungkapkan pemerintah tetap akan menggelar operasi pasar dalam waktu dekat. Biasanya, operasi pasar dilakukan untuk mengendalikan harga. “Operasi pasar ada,” pungkasnya.

Tarmizi menjelaskan, operasi pasar ini bertujuan agar harga bahan pokok tetap stabil. “Serta mencegah harga bahan pokok tidak melonjak tingga jelang hari raya,” tegas Tarmizi.

Sebelumnya, pada 14 April lalu, rapat TPID OKU digelar di ruang bina praja yang dipimpin Plh Bupati OKU H Edward Candra. Rapat tersebut, dikatakan Edward, sebagai evaluasi inflasi harga komoditi saat memasuki Ramadan. “Tugas TPID memastikan harga komoditi umum tidak naik,” ujarnya.

Menurut Kabag Perekonomian Setda OKU Tommy SH, data harga komoditi banyak terjadi perbedaan. Baik dari tim pemantau di instansi pemerintah, Polres OKU, dan Kodim 0403 OKU. “Masalah ini akan dipecahkan agar dapat menghasilkan data yang sama mengenai harga kebutuhan pokok di pasar,” harapnya. (stf)