Warga Protes Tak Dapat Bantuan Lagi

OKU – Masyarakat di kota Baturaja menggerutu. Pasalnya, mereka tak ladi terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST). Padahal selama ini mereka menerima bantuan dari Kemensos RI.

Kondisi ini memaksa KPM tersebut mendatangi Dinas Sosial OKU dan Kantor Pos Baturaja. Tujuannya, warga meminta kejelasan serta solusi agar mereka bisa menerima bantuan lagi dari pemerintah.

“Sejak Senin (12/4), masyarakat ramai datang ke kantor (Dinsos OKU) karena belum menerima bantuan dari pemerintah,” ujar Kepala Dinsos OKU Syaiful Kamal melalui Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin (PFM) H M Kholik S Pd MM, kemarin (13/4).

Penerima bantuan pemerintah yang mendatangi Dinsos OKU ada dua macam. Yaitu penerima BST dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Menurut Kholik, kendala yang masih muncul di daerah karena imbas dari perbaikan data penerima di Kemensos RI.

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan petugas, rata-rata Nomor Induk Kependudukan (NIK) perlu dikonsolidasikan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Selain itu, ada juga alamat penerima saat mendaftar berbeda dengan alamat yang tertera di Kartu Keluarga (KK)/KTP.

Dirinya mencontohkan, seseorang mendaftar sebagai penerima bantuan di kelurahan Sukaraya. Tapi KK/KTP masih beralamat di kecamatan Ulu ogan. Bantuan ini tetap diberikan oleh pemerintah tapi pencairan bantuan tersebut dilakukan di kecamatan Ulu Ogan.