Dua Pemuda Larikan Ponsel Teman

16
Para tersangka dan penadah penipuan ponsel yang terjadi di kecamatan Semidang Aji. foto : ist (*)

OKU – Karena diiming – imingi akan dibelikan pulsa, Doni Saputra justru menjadi korban penipuan dua pemuda. Yaitu Randi Dauman (20) dan Yoga Falensi. Keduanya merupakan warga desa Ulak Pandan, kecamatan Semidang Aji.

Saat itu, ponsel Doni dipindam Randi dan Yoga. Agar Doni bersedia meminjamkan ponsel pintarnya, randi dan Yoga berjanji akan membelikan pulsa. Namun, saat ponsel di tangan Randi-Yoga, ternyata ponsel tersebut dilarikan oleh keduanya.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK. MH melalui Kasubbag Humas Polres OKU AKP Mardi Nursal menjelaskan, penipuan tersebut terjadi di pinggir jalan Desa Tebing Kampung, kecamatan Semidang Aji pada 28 Maret lalu sekitar pukul 23.00 WIB.

“Awalnya kedua tersangka meminjam ponsel korban untuk menelpon. Namun ponsel korban tidak ada pulsa. Sehingga tersangka mengajak korban untuk mencari konter ponsel untuk mengisi pulsa. Sehingga korban terbujuk rayuan tersangka. Namun, setelah di perjalanan, korban diminta turun oleh tersangka. Setelah itu, tersangka membawa kabur ponsel,” ucap Mardi.

Setelah membawa kabur, Randi-Yoga menggadaikan ponsel tersebut kepada M Rolis, seorang pria 30 tahun yang tinggal di desa Padang Bindu, kecamatan Semidang Aji. “Digadaikan seharga Rp700 ribu,” paparnya.

Saat ini, Randi-Yoga diamankan di ruang tahanan Polsek Semidang Aji. Bahkan Rolis yang turut diamankan dijerat dengan pasal 480 KUHP karena dinilai sebagai penadah.

“Polisi mengamankan sebuah ponsel pintar, satu unit Honda Vario merah hitam BG 5047 OP, dan STNK sepeda motor tersebut. Randi-Yoga dijerat dengan pasal 378 tentang penipuan,” pungkas Mardi. (lee)