Ramadan, Wacanakan Vaksinasi Ditunda

Vaksinasi Covid 19 diprediksi belum akan rampung dalam waktu dekat. Kemungkinan besar, vaksinasi masih dilakukan hingga Ramadan nanti.

Terkait vaksinasi bagi umat muslim yang berpuasa di bulan Ramadan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) OKU H Adhmiati Somad mengatakan hal tersebut dibolehkan. “Dibolehkan (vaksin) saat berpuasa,” ujar Adhmiati.

Kebolehan itu dikuatkan dengan fatwa MUI No 13/2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat berpuasa. Berdasarkan fatwa itu, vaksinasi yang dilakukan dengan penyuntikan vaksin tidak membatalkan puasa.

Dirinya menyarankan, vaksinasi selama Ramadan sebaiknya dilakukan pada malam hari. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi warga seusai vaksin di siang hari menjadi lemah.

Selain itu, Adhmiati juga membolehkan seorang muslim berbuka puasa bila kondisi tubuh melemah seusai vaksin saat puasa. “Sepanjang fisik kuat, puasa boleh diteruskan. Kalau lemah, bisa masuk kategori sakit, sehingga boleh berbuka,” tandasnya.

Komisi Fatwa MUI mengeluarkan fatwa bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa. Fatwa ini diambil setelah diputuskan melalui rapat pleno membahas pelaksanaan vaksinasi COVID-19 saat Ramadan.