Bangun Sirkuit Standar IMI di Pelataran GOR – Kolam Renang

7
Pemerintah Kabupaten OKU berencana akan membuat sirkuit roadrace. Lokasi yang dipilih adalah GOR dan kolam renang. Area dua aset pemerintah ini akan dijadikan satu untuk memiliki lintasan balap yang memadai. Pembangunan dapat dilaksanakan, jika anggaran tidak terdampak refocusing sebesar 8% di tahun ini. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Sirkuit roadrace rencananya akan dibangun Pemerintah  Kabupaten OKU tahun ini. Arena untuk adu kecepatan kuda besi itu akan dibangun di pelataran GOR Baturaja dan Kolam Renang.

 “Rencananya pelataran kolam renang dan GOR Baturaja akan digabung untuk membangun lintasan balap,” ujar Kepala Dinas PUPR OKU Chandra Dewana, kemarin (5/4).

Rencana tersebut, sambung Chandra dapat direalisasikan tahun ini. Syaratnya, anggaran untuk pembangunan fasilitas olahraga tersebut tidak dipangkas. “Kalau tidak kena refocusing 8sebesar %,  sirkuit ini akan dibangun,” terangnya.

Pembangunan sirkuit ini, sambung dia, hanya membutuhkan satu tahun anggaran. Alasannya, pembangunan sirkuit tersebut sebagian besar hanya pengaspalan lintasan balap. “Anggarannya sebesar Rp1,5 miliar,” ungkap Chandra.

Untuk pembuatan sirkuit tersebut, jelas Chandra, pemerintah tidak akan membongkar GOR dan kolam renang. “Hanya jalan dan pelataran kedua bangunan tersebut ditata ulang agar menjadi multifungsi,” ungkapnya.

Nantinya, antara jalan GOR dan kolam renang terhubung menjadi lintasan balap. Penggabungan jalan di dua bangunan tersebut, menurut dia, mencapai 1,2 km. Panjang lintasan itu merupakan panjang minimal lintasan road race. “Sirkuit dibuat standar Ikatan Motor Indonesia (IMI) bisa bisa digunakan untuk kejuaraan daerah (kejurda),” tandasnya.

Bila pembangunan sirkuit roadrace ini terealisasi tahun ini, pihaknya memastikan proses pembangunan tidak menganggu Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel yang digelar akhir tahun ini.

Beberapa hari belakangan, kabar pembangunan sirkuit roadrace menjadi perbincangan hangat pecinta olahraga kecepatan ini. Namun, kepastian kabar tersebut masih diragukan.

Pada September 2017 silam, di GOR Baturaja sempat digelar roadrace. Jalur lintasan di sirkuit non permanen itu dimanfaatkan pesertauntuk mengadu kemampuan. (stf)