Pemesanan Tiket H-90 Dihapus

PT KAI membatasi jadwal pemesanan tiket. Sebelumnya, tiket bisa dipesan mulai H-90 keberangkatan. Namun, sejak Covid 19 mewabah, pemesan tiket baru bisa dilakukan H-7 keberangkatan. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Stasiun KA Baturaja belum bisa memastikan adakah dampak dari larangan mudik lebaran tahun ini. Sedangkan perusahaan otobus (PO) di Kabupaten OKU menyebutkan larangan pemerintah itu sangat berdampak pada perusahaan.

“Belum bisa diketahui sekarang (dampaknya), ” ujar Kepala Stasiun KA Baturaja Syaiful Bahri, akhir pekan kemarin. Syaiful mengatakan, dampak larangan mudik ini belum diketahui. Padahal, PT KAI sudah mengubah jadwal pemesanan tiket pemberangkatan dari Stasiun KA Baturaja.

“Pemesan tiket dibatasi. Seminggu sebelum berangkat, tiket baru bisa pesan,” kata Syaiful. Selama dua tahun terakhir, PT KAI membuka pemesanan tiket cukup lama. Pemesanan tiket sudah bisa dilakukan sejak H-90 pemberangkatan.

Pembatasan pemesanan mulai sepekan sebelum pemberangkatan, jelas Syaiful, dimulai saat Covid 19 mewabah tahun lalu.

Beberapa PO di Kabupaten OKU mengaku keberatan dengan keputusan larangan mudik tahun ini oleh pemerintah. Pasalnya, dampak larangan mudik tahun lalu, membuat kondisi keuangan PO babak belur. (stf)