Penghargaan Tanda Kerja Sesuai Standar

Plh Bupati OKU H Edwar Chandra mengikuti acara verifikasi lapangan dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Secara Virtual Bertempat di Ruang Induk Rumah Dinas Bupati OKU. Foto : Ist. (*)

OKU – Pemerintah Kabupaten OKU merespon positif verifikasi lapangan terkait Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021. Penganugerahan ini digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Verifikasi APE ini wujud kepedulian pemerintah pusat terhadap upaya pembangunan di Kabupaten OKU, khususnya bidang Pengarusutamaan Gender (PUG),” ujar Plh Bupati OKU H Edward Chandra di rumah Dinas Bupati OKU.

Kabupaten OKU, sambung Edward, telah melakukan berbagai program dan kegiatan terkait PUG di daerah.

Diantaranya menyusun Perda No 6/2012 tentang penyelenggaraan perlindungan terhadap korban kekerasan berbasis gender dan anak. Serta Perbup No. 56 tahun 2020 tentang, pelaksanaan PUG di OKU.

Bahkan, sambung Edwar, Pemerintah Kabupaten OKU telah membentuk driver PUG, kelompok kerja PUG dan tim teknis PUG yang ditetapkan dengan keputusan Bupati. “Keputusan ini diharapkan menjadi keadilan gender dapat mewarnai setiap kebijakan,” imbuhnya.

Untuk lebih mendalam mengetahui pelaksanaan PUG di Kabupaten OKU, pihaknya menyilahkan tim verifikasi menilai terkait APE.

“Meraih penghargaan bukan tujuan utama. Namun jika berhasil meraih penghargaan, itu menandakan pekerjaan yang dilakukan sudah sesuai standar yang ditetapkan. Selain itu, agar kebijakan dan pembangunan semakin responsif gender,” tandasnya.

APE merupakan penghargaan yang diberikan kementerian/lembaga kepada pemerintah daerah yang dinilai berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak. (stf)