Delapan Senpira akan Dimusnahkan

Salah satu penyerahan senpira yang dilakukan oleh seorang kepala desa kepada polisi. Foto: dok Polres OKU. (*)

OKU – Sepanjang Operasi Senpi Musi 2021, Polres OKU telah menerima 8 pucuk senjata api rakitan (senpira) berbagai jenis. Senpira itu didapat penyerahan sukarela masyarakat melalui para kepala desa (kades) ataupun perangkat desa di berbagai desa di Kabupaten OKU.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK. MH melalui Kasubbag Humas Polres OKU AKP Mardi Nursal mengatakan, Operasi Senpi Musi 2021 mendapat tanggapan positif dari masyarakat. “Alhamdulillah, banyak masyarakat yang mau bekerja sama dengan pihak kepolisian,” ucap Mardi.

Dirinya menjelaskan, delapan pucuk senpira itu berasal dari berbagai daerah di Kabupaten OKU. Serah terima senpira dilakukan melalui pemerintah desa yang kemudian diserahkan kepada polsek terdekat.

Diantaranya Polsek Baturaja Timur (dua pucuk senpira); Polsek Lubuk Batang (dua senpira); Polsek Peninjauan (sepucuk senpira): Polsek Sinar Peninjauan (sepucuk senpira); Polsek Semidang Aji (sepucuk senpira); dan Polsek Ulu Ogan (sepucuk senpira).

“Polisi juga menyita dua pucuk senpira di kecamatan Lubuk Batang dan penggagalan transaksi jual beli senjata api di Kecamatan Baturaja Timur,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK. MH menegaskan, senpira ilegal dari masyarakat itu akan dimusnahkan seperti tahun sebelumnya. Dirinya berharap kepada seluruh masyarakat OKU yang masih memiliki senpira di rumah untuk segera diserahkan kepada Polres OKU.

“Senpira ini akan dimusnahkan seperti tahun lalu. Semoga, masyarakat yang masih menyimpan senpira agar memyerahkan senpira tersebut kepada polisi sebelum dilakukan penegakan hukum,” tegas Arif. (lee)