Ajak Guru Tulis Karya Ilmiah

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika SMA di Kabupaten OKU yang berlangsung di SMAN 2 OKU pekan kemarin. Foto: ist. (*)

OKU – Sekitar 65 guru matematika dari SMA negeri dan swasta Kabupaten OKU berkumpul untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas pendidikan matematika di Kabupaten OKU. Pertemuan yang digelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) matematika SMA ini berlangsung di SMAN 2 OKU pekan kemarin.

Pertemuan yang dihadiri kordinator pengawas dan pengawas matematika ini juga membahas topik penting untuk para guru matematika. Misalnya pada pertemuan MGMP I di SMAN 11 OKU membahas program kerja.

Kemudian pertemuan MGMP II di SMAN 3 OKU, materi yang dibahas adalah pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan pada MGMP III di SMAN 2 OKU kemarin, para guru matematika ini membahas tentang karya tulis ilmiah.

“Selain itu, pertemuan MGMP ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam pendidikan dan pembelajaran,” kata Ketua MGMP Matematika SMA Kabupaten OKU Wahyudi, S.Pd.

Wahyudi mengakui, anggota MGMP ini merupakan aset yang paling penting dalam sebuah organisasi guru mata pelajaran.

Koordinator Pengawas Drs. Ganda Santosa, M.M yang juga turut hadir dalam pertemuan tersebut menambahkan, menjadi guru matematika hendaknya mempunyai banyak cara dalam menyelesaikan masalah matematika. “Jangan jadi guru yang kaku, yang tidak mau menerima pendapat/penyelesaian masalah matematika dengan cara lain,” kata Ganda mengingatkan.

Sementara itu Pengawas Matematika SMA Kabupaten OKU Nur Isnaini Taufik, S.Pd.,M.Pd mengajak para guru matematika SMA yang tergabung dalam MGMP untuk belajar menyusun karya tulis, artikel ilmiah, dan buku. “Penyusunan karya tulis dan sebagainya bisa dibuat secara individu maupun kelompok. Dengan penyusunan karya tulis ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan, potensi, dan bakat guru matematika,” tegas Taufik. (alv)