Empat Zona UPT Dukcapil Bakal Dibuka

MARTAPURA – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Bumi Sebiduk Sehaluan. Pemerintah Kabupaten OKU Timur bakal membuka Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dukcapil di 4 zona pelayanan, Buay Madang, Belitang, Belitang Mulya, dan Madang Suku I. Guna memberikan kemudahan bagi masyarakat yang mengurus data kependudukan.

Bupati  OKU Timur, H Lanosin Hamzah ST melakukan tinjauan langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Rabu (3/3). Dalam kunjungan ini, Bupati OKU Timur melakukan pengecekan terhadap fasilitas layanan layanan di kantor Dinas Dukcapil.

Menurutnya, masyarakat banyak mengeluhkan mengenai jarak yang harus ditempuh guna mengurus data kependudukan. Hal tersebut seiring dengan program kerja 100 hari, untuk meningkatkan dan memudahkan layanan kepada masyarakat Bumi Sebiduk Sehaluan.

“Dengan terbentuknya UPT Dukcapil di 4 zona. Jadi pelayanan kependudukan dan catatan Sipil tidak lagi tersentral di Martapura. Sehingga, masyarakat yang lokasinya jauh, seperti dari daerah Cempaka, akan lebih dekat, ” ungkapnya.

Pembentukan UPT Dukcapil kata dia, akan dilakukan dalam beberapa tahap. Pada tahap pertama, dalam waktu akan dilakukan pembentukan UPT di daerah Belitang.

“Karena program 100 hari yang paling mendesak mengenai pelayanan publik. Dalam 100 hari ini, kami akan bentuk 1 UPT di Belitang,” jelasnya.

Adapun 4 zona pelayanan Dukcapil yang dalam waktu dekat dibentuk seperti di Buay Madang, Belitang, Belitang Mulya, dan Madang 1. Untuk mencetak Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Lahir, Akta perkawinan, Akta kematian, dan lainnya. “Seluruh urusan kependudukan dan catatan Sipil dapat dilakukan di UPT,” pungkasnya. (clau)