PSC 119 OKU Jadi Tim Pemakaman Pasien Covid – 19

Petugas memakamkan Y di TPU Bukit Plawi Barbar Desa Laya, Sabtu (27/2) lalu. Foto: ist. (*)

OKU – Langit mendung menggelayut di Kota Baturaja, Sabtu (27/2), disertai gerimis membasahi tanah merah yang baru saja digali, waktu menunjukkan sekitar pukul 11.00 WIB, ketika armada PSC 119 Kabupaten OKU memasuki gerbang TPU Bukit Plawi Barbar, Desa Laya, Kecamatan Baturaja Barat.

Para petugas pemakaman termasuk PSC 119 Sebimbing Sekundang Kabupaten OKU mengenakan hazmat putih putih lengkap turun dari ambulan, dengan cekatan menurunkan Jenazah yang telah berada dalam peti untuk dikuburkan dengan protokol Covid – 19.

“Menindaklanjuti laporan dari RS ST Antonio Baturaja pukul 05.30 WIB, telah meninggal dunia Y, pasien terkonfirmasi covid – 19 di ruang isolasi RS ST Antonio dan dimakamkan secara protokol kesehatan,” ucap Kepala Dinas Kesehatan OKU, H Husni Tamrin SE MM didampingi Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Anuar Fahri SKM melalui Koordinator PSC 119 Kabupaten OKU, H Ali Sadikin.

Diungkapkan Ali, prosedur pemakaman jenazah Covid – 19 dilaksanakan sesuai dengan Protokol Pemakaman Covid – 19 mulai dari pemulasaraan jenazah di RS ST Antonio Baturaja, evakuasi hingga prosesi pemakamannya. “Selain itu, tim juga memulasarakan sesuai dengan fardhu kifayah umat Islam berikut dengan pemakamannya,” terang Ali.