71 Persen Nakes Sudah Divaksin

OKU – Penyuntikan vaksin Sinovac kedua bagi tenaga kesehatan di Kabupaten OKU hingga saat ini sudah mencapai 71,89 persen atau 1.178 orang yang telah divaksin.

“Pada penyuntikan pertama sebelumnya sebanyak 1.895 tenaga kesehatan yang sudah divaksin, sedangkan yang kedua ini baru 1.178 orang,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OKU Andi Prapto, kemarin (23/2).

Menurut dia, banyaknya tenaga kesehatan yang belum divaksin ini karena terkendala yang bersangkutan memiliki penyakit seperti darah tinggi dan mengalami demam sehingga vaksinasinya terpaksa ditunda.

“Untuk yang ditunda akan dilanjutkan setelah tekanan darah normal atau tidak demam lagi. Jika hasil screning memungkinkan maka mereka langsung disuntik vaksin,” terang Andi.

Dia menjelaskan, proses vaksinasi kedua ini masih berlangsung hingga akhir Februari 2021 mendatang dengan target seluruh tenaga kesehatan di wilayah setempat disuntik vaksin. “Target kami minimal 75 persen tenaga kesehatan di OKU menerima vaksin Sinovac tahap pertama dan kedua,” tegas dia.

Andi menambahkan, pada proses vaksinasi tahap pertama sebelumnya terdapat 887 tenaga kesehatan di wilayah itu yang gagal divaksin. 887 tenaga kesehatan ini tidak bisa divaksin karena faktor usia dan memiliki penyakit kronis seperti kelainan jantung, gagal ginjal dan diabetes. “Ada juga yang sedang hamil dan pernah terkonfirmasi positif COVID-19 sehingga tidak bisa divaksin,” pungkas Andi. (bet)