Bupati Dukung Gaji Kades Naik

4
DPRD OKU menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas PMD OKU dan Forum Kepala Desa (FKD) OKU. Foto: HERBERT P NAINGGOLAN/OKU EKSPRES. (*)

OKU – Bupati OKU Drs H Kuryana Azis merespon tuntutan kepala desa (kades) yang tergabung dalam Forum Kepala Desa (FKD) Kabupaten OKU terkait kenaikan gaji tahun ini.

Menurutnya, dia mendukung keinginan kades untuk menerima gaji lebih tinggi dari sebelumnya. Namun, kata dia, pemerintah akan mengkaji agar dapat mengabulkan keinginan para kades tersebut.

Mulai dari aturan atau regulasi serta disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Apalagi, APBD OKU tahun ini sudah disahkan DPRD OKU. Sehingga, keinginan kades tersebut belum bisa direalisasikan.

“Secara pribadi saya dukung keinginan kades (naik gaji, red), tapi bagaimana mau direalisasikan tahun kalau APBD OKU sudah ditetapkan oleh DPRD OKU,” kata Kuryana, kemarin (17/2).

Oleh sebab itu, dia meminta para kades untuk bersabar dan bersama-sama  memaklumi serta memahaminya. ”Insya Allah, ke depan jika keuangan Kabupaten OKU memungkinkan, keinginan para kades akan kita penuhi,” ucap Kuryana.

Terkait aksi damai di DPRD OKU dan kantor Dinas PMD OKU yang dilakukan kades, Kuryana tidak melarang dan menghalangi karena itu hak para kades untuk menyampaikan aspirasinya. “Penyampaian aspirasi harus dilakukan secara damai dan santun. Bukan dilakukan secara anarkis,” tukasnya.

Dilanjutkan Kuryana, bila nanti kenaikan gaji kades sebesar Rp1,5 juta dari Rp2,5 juta terealisasi, maka gaji yang akan diterima kades setara dengan gaji ASN golongan III atau pejabat setingkat camat, kepala bagian (kabag) yakni sebesar Rp4 juta/bulan.