Ditangkap Saat Minta Maaf

7
Eo dan Purwanto diamankan di Polsek Baturaja Timur usai ketahuan mencuri hewan ternak. Foto: dok Polsek Baturaja Timur. (*)

OKU – Di masa sulit seperti sekarang ini, tindak kriminalitas kerap terjadi. Selain barang berharga, hewan ternak pun menjadi incaran pelaku kejahatan.

Inilah yang dialami Saniman. Petani 56 tahun ini harus kehilangan bebek peliharaannya. Warga Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur ini menjadi korban pencurian yang dilakukan Purwanto (48) dan EO (16). Kedua tersangka merupakan warga Kelurahan Sepancar Lawang Kulon, Kecamatan Baturaja Timur.

Selain mencuri bebek Saniman, Purwanto dan Eo juga mencuri seekor ayam milik warga yang ada di pinggir rel kereta api. Sayang, aksi keduanya tak mulus. Pencurian yang mereka lakukan ketahuan warga.

Mengetahui aksi mereka diketahui warga, Purwanto dan Eo kebur. Sialnya sepeda motor Yamaha Jupiter Z yang mereka gunakan tertinggal di lokasi pencurian. Akibatnya, sepeda motor yang digunakan untuk mencuri tersebut ditahan warga.

Berdasarkan data pemilik sepeda motor tersebut, polisi berhasil mengetahui identitas pelaku pencurian.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK. MH melalui kasubbag Humas Polres OKU AKP Mardi Nursal mengatakan, dari laporan Saniman kepada Polsek Baturaja Timur dan dari sepeda motor yang tertinggal, polisi berhasil mendapatkan informasi mengenai pelaku pencurian.

“Kedua tersangka (Purwanto dan Eo) ditangkap saat keduanya sedang berada di rumah Saniman. Kedatangan mereka ke rumah Saniman untuk meminta maaf karena sudah mencuri hewan ternak Saniman. Selain itu, keduanya juga memohon kepada Saniman untuk membantu mereka mengurus sepeda motor yang ditahan di Polsek Baturaja Timur,” ucap Mardi.

Dari pengakuan Purwanto dan Eo kepada polisi, keduanya beraksi saat penghuni rumah tertidur. Namun, saat mereka beraksi, ternyata masih ada warga yang terjaga. Sehingga aksi pencurian keduanya gagal.

“Dari pengakuan keduanya, tersangka beraksi sekitar pukul 03.00 WIB. Keduanya masuk kandang bebek milik Saniman. Lalu keduanya mengambil 5 ekor bebek. Bebek tersebut dibawa ke salah satu kebun yang ada di pinggir jalan raya. Keduanya menyembunyikan barang curian di sana. Lalu mereka mengulangi aksinya dengan mencuri ayam milik warga lain yang ada di pinggir rel,” jelas Mardi.

Saat ini, terangnya, kedua tersangka diamankan di Polsek Baturaja Timur bersama barang bukti sepeda motor Yamaha Jupiter Z milik tersangka. (lee)