Kebakaran Hanguskan Gudang Rokok

Petugas DPKP OKU berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar sebuah gudang rokok di kawasan Kemiling desa Tanjung Baru, Jumat (5/2). Foto: Ist. (*)

OKU – Kepulan asap putih keluar dari celah genteng bangunan. Asap yang membumbung ke langit itu sangat tebal sehingga mengundang perhatian warga.

Asap tebal itu berasal dari sebuah gudang distributor rokok di Lr Bogenviel Rt. 02 Rw. 04, Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja Timur, yang terbakar pada 5 Februari lalu.

Kebakaran yang diduga terjadi pukul 10.30 WIB menghebohkan warga. Pasalnya, bangunan rumah yang dijadikan kantor dan gudang rokok itu berada di kawasan padat penduduk. “Gudang diurus Jumeri, warga kelurahan Kemalaraja,” ujar Fajar, warga setempat.

Saat kebakaran terjadi, kantor plus gudang ini sedang kosong. Sales rokok sudah memasarkan produk. Sementara yang tinggal saat itu hanya seorang petugas administrasi. “Sesaat sebelum kebakaran, petugas tersebut keluar kantor. Entah kemana,” kata Fajar.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) OKU Aminilson didampingi Danru 1 Posko Kota Han Adrianto mengatakan, pihaknya menerima kabar kebakaran dari polisi yang berada di kantor Bawaslu.

Tak menunggu lama, enam armada pemadam kebakaran dikerahkan. Empat armada (2 armada semprot, dan 2 armada suplai) dari posko kota Baturaja mendatangi lokasi kebakaran. “Dibantu dua armada pemadam dari posko unit Baturaja Barat,” tuturnya.

Informasi yang diperoleh petugas, api berasal dari salah satu kamar bangunan yang dijadikan kantor plus gudang rokok. Namun saat petugas sampai ke lokasi kebakaran, kobaran api sudah menyebar ke seluruh bangunan. “Penyebab kebakarannya belum diketahui. Tapi diduga dari listrik,” jelasnya. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwwa ini. Namun manejemen kantor distribusi rokok itu mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Sebab, selain bangunan yang rusak, rokok 50 dus ikut terbakar serta peralatan kerja. “Pukul 12.25 WIB, api berhasil dipadamkan petugas,” tandasnya. (stf)