2.651 Nakes Divaksin

OKU – 2.651 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten OKU divaksin Sinovac secara serentak agar kebal dari virus Corona. “Vaksinasi tahap I hari ini (kemarin) diprioritaskan untuk tenaga kesehatan,” kata Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes OKU Andi Prapto, kemarin (2/2).

Dia mengatakan, vaksinasi nakes ini dilakukan serentak di 18 Puskesmas dan tiga rumah sakit di Kabupaten OKU. Dalam vaksinasi ini, pihaknya menyiapkan 5.360 dosis vaksin Sinovac. Jumlah tersebut akan diberikan dalam dua tahap. “Vaksinasi tahap II akan dilaksanakan 14 hari setelah vaksinasi tahap I hari ini (kemarin),” terang Andi.

Dia mengemukakan, dalam vaksinasi ini pihaknya menyiapkan lima vaksinator dari setiap puskesmas dan 10 vaksinator dari rumah sakit. “Sebelumnya tenaga vaksinator ini sudah mendapat pelatihan untuk melakukan penyuntikan vaksin,” kata dia.

Namun, kata dia, sebelum disuntik vaksin, nakes harus melalui screening tim dokter dari Dinkes OKU. “Kalau lolos screening, langsung disuntik. Namun, jika tidak, terpaksa ditunda besok (hari ini). Yang tidak lolos screening, biasanya mengidap hipertensi atau ada penyakit bawaan, ibu hamil, dan pernah positif Covid-19,” pungkas Andi. (bet)