Dua Polisi Dipecat

229
Prosesi upacara PTDH dua peronil Polres OKU digelar di halaman Mapolres OKU. Foto: dok Polres OKU. (*)

OKU – Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK. MH, memimpin upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dua anggota Polres OKU di halaman Mapolres OKU. Upacara ini juga dihadiri Waka Polres OKU Kompol C.S Panjaitan, pejabat utama Polres OKU, serta para kapolsek.

Kedua personil yang dipecat tersebut adalah Brigadir Aji Surya dan Bripda Doris Meldi Syaputra. Keduanya dipecat lantaran telah melanggar Pasal 12 ayat (1) huruf a PP No 1/2003 dan Pasal 21 ayat (3) huruf a Perkap No 14/2011. Namun, keduanya tak hadir dalam upcara pemecatan tersebut.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK. MH mengatakan, dirinya telah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan kedua personil itu dari pemecatan. Namun, upaya yang ia lakukan sia – sia lantaran tidak ada perubahan pada personil tersebut.

“Dengan berat hati dan sangat terpaksa, demi institusi Polri yang lebih baik, khususnya di Polres OKU, maka terhadap yang bersangkutan diajukan putusan sidang KKEP (Komisi Kode Etik Polri) dengan rekomendasi PTDH bagi kedua personil Polres OKU ini,” ujar Arif.

Arif berharap Brigadir Aji Surya dan Bripda Doris Meldi Syaputra dapat menerima keputusan PTDH tersebut dengan lapang dada. Ia juga berpesan kepada personil Polres OKU yang lain untuk menjadikan hal tersebut sebagai pelajaran berharga agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di Polres OKU.

“Diharapkan personil Polres OKU lebih mawas diri, jangan sampai larut dan hanyut oleh hawa nafsu yang dapat membawa kehancuran dalam karir. Jadikan (pemecatan) ini sebagai interopeksi diri,” pungkasnya. (lee)