Gedung PD Pasar Rusak

11
Gedung PD Pasar Induk dikosongkan sejak beberapa bulan belakangan. Hal ini karena dinding gedung tersebut banyak retak di beberapa bagian. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Beberapa bulan terakhir, PD Pasar OKU ngantor di eks sekretariat KNPI OKU, kelurahan Kemalaraja, kecamatan Baturaja Timur. “Penyebabnya, gedung utama PD Pasar rusak,” ujar Direktur PD Pasar, Malkomar Du’i, kemarin (28/1).

Kerusakan gedung itu sudah lama terjadi. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, manajemen PD Pasar memindahkan kantor untuk sementara waktu. Perbaikan bangunan tersebut, sambung Malkomar, sudah diusulkan ke Pemerintah Kabupaten OKU tahun ini.

Usulan tersebut, kata dia, hanya perbaikan kantor induk. “Sedangkan untuk perbaikan los belum diusulkan,” tandas Malkomar.

Menurut salah satu petugas PD Pasar Induk Batukuning, kerusakan bangunan utama PD Pasar sudah lama terjadi. “Seperti tangga ke lantai atas, banyak yang retak. Kalau lewat harus bergantian, tidak boleh ramai-ramai,” ujarnya.

Belum lagi sejumlah retakan di dinding bangunan. Lebar retakan yang cukup besar membuat pegawai PD pasar khawatir bangunan dapat ambruk sewaktu-waktu. “Tahun lalu tidak sering pegawai berada di lantai atas,” tandasnya.

Kepala Dinas PUPR Chandra Dewana belum memberikan pernyataan mengenai rencana perbaikan gedung pasar induk. Pesan singkat yang dikirim wartawan koran ini, belum dijawab. (stf)