Petani Tewas Tersengat Listrik

9
Warga mengevakuasi tubuh Jamaludin dari kebun jagung. Ia tewas tersengat listrik yang dipasang petani lain. Awalnya pagar yang dialiri aliran listrik tersebut dipasang untuk mengusir hama monyet dan babi hutan. Foto: dok. Polsek Sosoh Buay Rayap. (*)

OKU – Tragis apa yang dialami Jamaludin. Pria 58 yang merupakan seorang petani ini ditemukan tak bernyawa di pinggir kebun jagung milik Holidi (32), warga desa Penyandingan, kecamatan Sosoh Buay Rayap.

Jamaludin yang merupakan warga dusun III, desa Lubuk Baru, kecamatan Sosoh Buay Rayap diduga kuat tewas karena tersengat aliran listrik dari accu atau aki yang dipasang di areal kebun jagung Holidi.

Dari hasil olah TKP yang dilakukan Polsek Sosoh Buay Rayap, Jamaludin tewas karena tersengat listrik di pagar. Listrik ini dipasang untuk mengusir hama babi dan monyet yang kerap mengganggu jagung milik Holidi.

Diterangkan Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK. MH melalui Kapolsek Sosoh Buay Rayap AKP Masdar Azum, kejadian tersebut terjadi pada 26 Januari lalu sekitar pukul 11.00 WIB. Dari penjelasan Holidi kepada polisi, Jamaludin ditemukan ketika Holidi mengelilingi kebun untuk memastikan tanama jagungnya aman dari serangan hama monyet dan babi.

“Menurut keterangan Holidi, saat itu, ia pulang ke rumah untuk mengambil bekal nasi karena dia sudah menginap semalaman di kebun jagung. Saat pulang, listrik dialirkan ke pagar karena kebunnya tak ada yang menjaga,” ucap Masdar, kemarin (27/1).