Daftar Tunggu Capai 5.572 Orang

6

OKU – Kankemenag OKU mencatat sebanyak 5.572 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Bumi Sebimbing Sekundang masuk daftar tunggu keberangkatan ke tanah suci Mekah.

“Daftar tunggu haji ini mencapai 20 tahun,” ucap Kepala Kantor Kementerian Agama OKU, Ishak Putih melalui Kasi Haji dan Umrah, Abdul Muis.

Diterangkan Abdul Muis, 572 CJH Kabupaten OKU yang masuk daftar tunggu ini sudah mendaftar di Kantor Kemenag OKU sejak 2012 hingga 2020. Ribuan calon jamaah yang tersebar di 13 kecamatan di OKU ini akan diberangkatkan ke tanah suci pada tahun 2040 mendatang. “Untuk keberangkatan tahun ini ada sebanyak 279 jamaah,” ungkapnya.

279 CJH ini, lanjut Muis, merupakan jamaah yang gagal berangkat ke tanah suci pada tahun lalu lantaran Pemerintah Arab Saudi menutup sementara perjalanan haji dan umrah akibat wabah pandemi Covid – 19.

“Kalau tidak ada kendala, 279 CJH yang sudah melunasi biaya perjalanan haji ini akan berangkat pada akhir Juni atau awal Juli 2021,” terang Muis.

Hanya saja, lanjut Muis, pihaknya belum dapat memastikan apakah ada penambahan biaya transportasi ke tanah suci yang naik di masa pandemi Covid – 19. “Kalau biasanya pesawat isinya empat ratus orang, sekarang hanya setengah saja namun tetap menghitung penumpang penuh. Secara otomatis biaya itu dibebankan kepada jamaah,” imbuh Muis. (bet)