Kerugian Ditaksir Capai Rp800 Juta

OKU – Kobaran api menerangi pekatnya malam di Jln Raden Fatah, kelurahan Sukaraya, Rabu (20/1). Api itu berasal dari rumah Doni, warga RT 2 yang terbakar.

Kebakaran di kawasan padat penduduk ini mengundang perhatian masyarakat kota Baturaja. Kabar peristiwa kebakaran tersebut ramai dimuat di media sosial. Apalagi, di hari yang sama terjadi dua kebakaran di dua lokasi berbeda.

Petugas kepolisian terpaksa menutup lalu intas di perempatan Sukaraya untuk mencegah warga ke lokasi kebakaran. Saat kebakaran terjadi, masyarakat berbondong-bondong ke lokasi kejadian.

Menurut keterangan warga, kebakaran terjadi pukul 20.00 WIB. Diduga, penyebab kebakaran berasal dari kabel induk listrik di samping kiri belakang rumah Doni.

Namun sumber lain menyebutkan, kebakaran diduga berasal dari hubungan pendek listrik di dalam rumah berlantai dua tersebut. “Mungkin ada kabel yang terkelupas. Korslet, kemudian membakar bahan yang mudah terbakar di lantai dua rumah,” ujar warga.

Rumah tersebut, jelas dia merupakan rumah tua besar. Bagian depan rumah Doni sempat direnovasi, sementara bagian belakang lantai dua, masih bangunan lama dari papan. “Selama ini bangunan belakang difungsikan sebagai gudang,” katanya.

Api cepat membesar karena selain membakar kertas, juga membakar dinding bangunan. Beruntung saat kebakaran terjadi, angin tidak bertiup kencang. Jika angin kencang, api akan mudah membakar rumah warga di sekitarnya.