Penyaluran BST Hampir Selesai

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BST di Kabupaten OKU mencairkan bantuan di Kantor Pos Baturaja. Sejauh ini, Kantor Pos Baturaja hampir selesai menyalurkan BST. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Hingga akhir pekan kemarin, penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap X yang dilakukan Kantor Pos Baturaja di Kabupaten OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan hampir selesai.

Kepala Kantor Pos Baturaja Aldy Frandinca Rinaldy mengatakan, target tersebut meleset dari target yang ditetapkan. “Seharusnya, pada 15 Januari, penyaluran BST di tiga kabupaten sudah 90 persen. Namun target tersebut baru tercapai sehari kemudian, yaitu pada 16 Januari,” kata Aldy, kemarin (18/1).

Dirinya menyebut, faktor cuaca beberapa hari terakhir di tiga kabupaten sangat mempengaruhi penyaluran BST. Hujan yang mengguyur, kata Aldy, membuat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) lebih memilih untuk menunda pencairan BST.

“Hujan ini membuat masyarakat tidak bisa hadir saat jadwal pencairan. Namun pada 20 Januari nanti, penyaluran ditargetkan selesai alias 100 persen di Kabupaten OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan,” imbuhnya.

Selama penyaluran BST tahap X, pihaknya mengaku tidak menemui kendala. Data ganda yang kerap muncul di penyaluran BST tahap sebelumnya tak terjadi lagi. “Alhamdulillah (data ganda), tidak ada lagi. Sekarang petugas sedang mendata KPM setiap kecamatan yang belum mencairkan BST,” tandasnya.

Untuk diketahui, pencairan BST tahap X disalurkan kepada 18.392 KPM di Kabupaten OKU. Sementara di OKU, OKU Timur, OKU Selatan, sebanyak 46.342 KPM. Hingga akhir pekan kemarin, jumlah KPM di Kabupaten OKU yang sudah mencairkan bantuan sebanyak 18.024 KPM. Sementara di Kabupaten OKU, OKU Timur, dan OKU Selatan mencapai 45.415 KPM. (stf)