Bersihkan 10 Kubik Sampah Sungai

20
Setelah membersihkan sampah di jembatan Ogan 2 kelurahan Sukajadi, personil BPBD OKU membersihkan sampah di bawah jembatan Ogan 3. Hal ini untuk mencegah banjir dan membersihkan sungai dalam kota Baturaja. Foto: Dok. BPBD OKU. (*)

OKU – Tumpukan sampah di jembatan Ogan 3, kelurahan Baturaja Lama, kecamatan Baturaja Timur, berhasil dibuang BPBD OKU, kemarin (18/1). Volume sampah di jembatan ini tidak terlalu banyak. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pembersihan tidak terlalu lama.

“Volume sampah berkisar antara 5 hingga 10 kubik,” ujar Kepala BPBD OKU, Amzar Kristopa. Sampah tersebut didominasi sampah yang hanyut dari ulu sungai Ogan. Diantaranya bambu dan dahan pohon. Ketika hujan turun, debit air sungai bertambah yang membuat sampah tersebut hanyut ke ilir sungai.

Nah sampah-sampah tersebut ada yang tersangkut di fender jembatan Ogan 3 dan di fender jembatan Ogan II. “Sampah dihanyutkan kembali setelah dipotong menjadi ukuran lebih kecil. Sebab, bila sampah tersebut diangkut dengan truk sampah, hal tersebut sulit dilakukan,” jelasnya.

Petugas yang dilibatkan untuk membersihkan sampah tersebut sebanyak 20 orang. Selain itu, pihaknya juga menggunakan alat khusus untuk membuang sampah yang tersangkut di fender jembatan.

“Perahu motor juga diterjunkan untuk memudahkan membersihkan sampah yang tersangkut di fender jembatan,” tandasnya. (stf)