Jumlah Penerima Kartu Tani Bertambah

3
Padi ladang yang sudah ditanam beberapa minggu lalu oleh petani. Foto: Gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – 188 petani dari 14 kelompok tani (poktan) di desa Batumarta I, Kecamatan Lubuk Raja sudah menerima kartu tani. Kartu ini disebar balai pertanian kecamatan dan disalurkan melalui ketua poktan.

Beberapa hari lalu, poktan di desa ini mendapat 46 tambahan kartu tani. “Penambahan kartu tani ini karena 46 kartu tani tersebut belum selesai dicetak saat para petani lain telah menerima kartu tani,” ucap Indra, Ketua Unit Pengelola Keuangan Kelompok (UPKK), akhir pekan kemarin.

Indra mengatakan, kartu tani sangat ditunggu petani. Alasannya, petani baru bisa membeli pupuk bersubsidi bila memiliki kartu tani ini. “Jika tidak memiliki kartu tani tersebut, maka petani tidak bisa membeli pupuk bersubsidi yang dijual di toko pupuk,” paparnya.

Ia juga menjelaskan, sampai saat ini, masih ada petani yang belum memiliki kartu tani. Hal ini kartu tani tersebut tidak dicetak serentak. Oleh karena itu, Indra meminta para petani untuk bersabar.

Indra menambahkan, saat ini ada beberapa poktan baru yang sudah terdaftar untuk mendapatkan kartu tani. “Diperkirakan sekitar 500 petani yang akan mendapatkan kartu tani di desa ini,” tegas Indra. (gun)