Sampah di Fender Jembatan Dibersihkan

Personil BPBD OKU membersihkan sampah yang tersangkut di fender jembatan Ogan 2. Foto : Ist. (*)

OKU – Tumpukan sampah yang tersangkut di fender jembatan Ogan 2 dibersihkan. Sampah tersebut didominasi bambu yang hanyut dari ulu sungai. Pembersihan ini dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU.

“Untuk mencegah banjir, kotoran dan sampah yang tersangkut di fender jembatan dibersihkan,” ujar Kepala BPBD OKU Amzar Kristopa.

Pembersihan sampah, dikatakan Amzar, dilakukan oleh 20 personil. Para personil tersebut dibekali gergaji mesin, life jacket, serta tali temali.  “Termasuk perahu untuk memudahkan petugas membuang sampah yang tersangkut di fender jembatan,” jelasnya.

Tumpukan sampah tersebut diperkirakan mencapai 20-25 kubik. Volume sampah tersebut diperkirakan dari yang terlihat di atas permukaan air. Ia mengatakan, sampah-sampah tersebut dihanyutkan kembali.

“Sampah, khususnya bambu dan kayu dipotong terlebih dahulu. Kemudian dihanyutkan. Kalau sampah dinaikkan ke mobil, kita tidak punya peralatan yang memadai,” jelasnya.

Selain di jembatan Ogan 2, pembersihan sampah ini juga akan dilakukan di jembatan Ogan 3 karena di jembatan ini ada sedikit sampah.

“Hasil pengawasan sampah, ada sedikit yang tersangkut di jembatan Ogan 3. Sedangkan sampah di jembatan Ogan 1 dan Ogan 4 tidak ada (sampah),” tandas Amzar. (stf)