Tetapkan Pemberhentian dan Usulkan ‘Bekerja’

OKU – Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri no 131.16-575 tahun 2016 dan no 131.16-576, DPRD OKU, kemarin (13/1), menggelar rapat paripurna IV masa persidangan ke 2/2021 dengan agenda penetapan usul pemberhentian Bupati OKU berkaitan dengan berakhirnya masa jabatan Bupati OKU periode 2016 – 2021, di ruang paripurna DPRD OKU.

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPRD OKU, Ir H Marjito Bachri, menyampaikan, berpedoman UU no 23/2014 pasal 78 ayat 2 huruf A menyatakan bahwa Kepala Daerah dan atau Wakil Kepala Daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatan serta pasal 79 ayat 1 menegaskan pemberhentian Kepala Daerah dan atau Wakil Kepala Daerah diumumkan oleh pimpinan DPRD dalam rapat Paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada Presiden melalui Menteri untuk Gubernur dan Wakil Gubernur serta kepada Menteri melalui Gubernur sebagai Wakil Pemerintahan pusat untuk Bupati dan Wakil Bupati untuk mendapatkan penetapan pemerintah.

“Maka, pada hari ini (kemarin) kitra akan menyetujui usul pemberhentian saudara Drs H Kuryana Azis – Drs Johan Anuar SH MM sebagai Bupati dan Wakil Bupati OKU periode 2016 – 2021,” ucap Marjito didampingi Yudi Purna Nugraha dan Yoni Risdianto.

Pada kesempatan itu, Marjito atas nama pimpinan dan seluruh anggota DPRD OKU dan segenap lapisan masyarakat OKU menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Drs H Kuryana Azis – Drs Johan Anuar SH MM atas segala jasa dan pengabdiannya selama menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati OKU.

“Semoga, karya yang telah mereka ukir di Bumi Sebimbing Sekundang ini akan selalu terpatri dalam kehidupan masyarakat OKU. Kami yakin dan percaya, bahwa ketokohan, kerja nyata dan pengabdian yang telah mereka berika kepada masyarakat selama ini, baik dalam bentuk pembangunan fisik, mental spiritual, pendidikan, sosial kemasyarakatan, kepemudaan dan bidang – bidang lainnya yang menurut pendapat sebagian masyarakat telah membawa perubahan dan bermanfaat secara luas,” terang Marjito.

Mudah – mudahan, lanjut Marjito, semua itu akan menjadi modal utama bagi kita untuk terus bekerja. “Untuk mewujudkan OKU yang semakin maju dan gemilang di masa yang akan datang,” tukas politisi Partai Gerindra OKU ini.

Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis diwakili Sekda OKU, H Achmad Tarmizi, menyampaikan, sebagaimana dimaklumi bahwa masa jabatan Drs H Kuryana Azis – Drs Johan Anuar SH MM untuk periode 2016 – 2021, pada bulan depan ini segera berakhir.