Listrik Padam 10 Jam

Over net atau pemindahan jaringan di desa Tanjung Kemala, kecamatan Baturaja Timur. Dampak pekerjaan itu, listrik padam hingga ke kecamatan KPR. Sebelumnya pada Selasa malam, listrik padam mulai dari Kelurahan Batukuning hingga kecamatan Ulu Ogan. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Petugas PLN Baturaja harus berjibaku saat listrik padam pada 12 Januari malam. Pasalnya, aliran listrik mendadak padam sepanjang jalur Jl Lintas Sumatera.

“Padam mulai dari Kelurahan Batukuning (Kecamatan Baturaja Barat) sampai kecamatan Ulu Ogan, ” ujar Manager PT PLN Baturaja, Achmad Meiledy, kemarin (13/1).

Petugas, kata Achmad, melakukan penelusuran mencari penyebab listrik padam sejak pukul 19.30 WIB. Namun, penyebab pemadaman tak diitemukan. “Baru ditemukan penyebabnya saat subuh. Itu pun sudah dilakukan pemotongan untuk menemukan titik penyebab,” ungkapnya.

Titik gangguan, jelas Achmad, ditemukan pada tiang listrik di desa Raksa Jiwa kecamatan Semidang Aji. Menurut dia, posisi tiang yang berada di hutan membuat petugas kesulitan. “Kabel listrik jatuh ke breket, ” katanya.

Hingga pengerjaan rampung, pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab kabel listrik jatuh. Dugaan tertimpa pohon atau karena tiupan angin kencang dibantahnya.

“Kalau ditimpa pohon atau ranting mestinya ada bekas. Kalau pun ditiup, menurut pengakuan warga tidak ada angin kencang. Memang saat itu hujan, ada angin tapi tidak kencang,” tandanya.

Selesai memperbaiki jaringan di jalur lintas sumatera, petugas melanjutkan pekerjaanya di desa Tanjung Kemala dan relokasi Load Break Switch (LBS) FI.

Di desa Tanjung Kemala, dilakukan pemindahan jaringan (over net). Pemindahan jaringan ini atas permintaan pengembang perumahan. Pihak perumahan yang menyiapkan tiang listrik beton.

“Asesoris, PLN yang menyiapkan. Sedangkan tiang disiapkan pengembang karena persediaan tiang listrik di PLN sedang kosong,” tandasnya.

Dampak pekerjaan itu, listrik padam mulai desa Terusan hingga kecamatan Kedaton Peninjauan Raya (KPR). (stf)