Dua Posko Tunggu Armada Pemadam

5
Posko pemadam kebakaran (Damkar) kecamatan Baturaja Barat dibuka belum lama ini. Posko ini diharapkan bisa memperpendek jarak maksimal 15 menit dari menerima kabar kebakaran hingga ke lokasi kebakaran. Foto : Ist. (*)

OKU – Untuk mempercepat pemadaman kebakaran, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) OKU membuka posko pemadam kebakaran di kecamatan Baturaja Barat.

“Posko pemadam kebakaran di Baturaja Barat sudah diaktifkan. Hal ini dilakukan untuk memperpendek jarak tempuh ke lokasi kebakaran,” ujar Kepala DPKP OKU Aminilson, belum lama ini.

Pembukaan posko pemadam kebakaran di kecamatan Baturaja Barat, dikatakan Aminilson, untuk memenuhi standar jarak tempuh maksimal 15 menit dari laporan kebakaran diterima petugas sampai ke lokasi kebakaran.

Jarak tersebut berdasarkan, lanjut Aminilson, sesuai Permendagri No 114/2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Sub Urusan Kebakaran Daerah Kabupaten/Kota.

“Tujuan lainnya adalah untuk menekan besarnya kerugian dan meminimalisir jumlah korban. Semakin cepat petugas sampai di lokasi kebakaran, maka semakin kecil pula kerugian yang dialami korban kebakaran,” sambung Aminilson.

Di posko yang baru dibuka belum lama ini, pihaknya menempatkan dua armada pemadam kebakaran. Terdiri dari armada tangki air dan armada semprot. “Tinggal tiga kecamatan lagi yang belum memiliki posko pemadam kebakaran. Mudah-mudahan tahun ini semua kecamatan memiliki posko kebakaran,” harapnya.

Tiga kecamatan yang belum memiliki posko kebakaran adalah Kecamatan Baturaja Timur, Sinar Peninjauan, dan Kedaton Peninjauan Raya.

“Posko pemadam kebakaran Sinar Peninjauan dan Kedaton Peninjauan Raya tinggal menunggu armada mobil yang rencananya tiba tahun ini. Sedangkan untuk poseko Baturaja Timur dibantu posko pemadam kebakaran kota,” tandasnya. (stf)