Disarankan Jadi Wisata Kota Tua

Taman Kartini di Jln HOS Cokroaminoto merupakan salah satu fasilitas yang mengubah wajah kota Baturaja. Fasilitas tersebut disarankan ditambah kursi di pelataran taman agar warga bisa menikmati suasana taman tersebut. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Respon positif masyarakat mulai terlihat setelah taman Kartini Baturaja rampung dibangun jelang akhir tahun lalu.

Icha, warga kota Baturaja yang kini menetap di kota Lampung menyebutkan, perubahan di dalam kota Baturaja sangat banyak. “Terutama taman sudah banyak dibuat. Dulu waktu masih tinggal di Baturaja, hanya lapangan A Yani (taman kota) tempat berkumpul dan bersantai,” ujar pria kelahiran 1987 ini.

Menurut dia, ada beberapa taman yang menarik perhatiannya. Yakni, taman Sukaraya dan taman Kartini. Suasana kedua taman tersebut hampir mendekati tempat nongkrong di kota besar.

“Tapi masih harus ditambah kursi. Khususnya di taman kartini karena pengunjungnya bisa jadi bukan orang muda saja, tapi ada juga warga lanjut usia. Kasihan kalau mau duduk santai harus naik tangga,” sarannya.

Selain itu, untuk di taman Sepadan Ogan III, dirinya menyarankan agar fasilitas umum dengan pemandangan jembatan Ogan III segera diperbaiki. “Ini jaman media sosial. Kalau tempat santai bagus, mereka yang akan mempromosikan dengan cara mereka,” sebut pria yang menetap di Lampung lebih dari 10 tahun ini.

Dirinya juga menyarankan agar pemerintah menghidupkan wisata kota tua. Menurut dia, lorong Kertapati kelurahan Baturaja lama, sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata kota tua.

“Bangunannya masih klasik. Dari saya di Baturaja sampai pindah ke Lampung, bentuk dan suasananya masih sama. Bagus kalau dikelola jadi wisata kota tua,” ungkapnya.

Selama tiga hari di Baturaja, dirinya mau berkunjung ke Gua Putri. Namun niat tersebut diurungkan karena mendadak harus balik ke Lampung.

“Mau lihat juga Gua Putri, tapi harus buru-buru pulang ke Lampung. Karena terakhir ke Gua Putri waktu masih sekolah sekitar tahun 2002 silam,” tandasnya.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman OKU, H Aulia Mahdi melalui Kabid Kawasan Pemukiman, H Mujaim dikonfirmasi soal usulan tersebut penambahan kursi dan lahan parkir menjawab singkat. “Siap,” tegasnya. (stf)