Penerapan Protokes Masih Minim

6
Sosialisasi penerapan protokol kesehatan di kawasan Pasar Atas. Petugas patroli di Jln. Warsito sembari membawa poster ajakan protokol kesehatan. Minimal 3 M (Makai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci tangan). Foto : Ist. (*)

OKU – Kawasan Pasar Atas menjadi titik sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) oleh Polsek Baturaja Timur untuk penanganan Covid 19, kemarin (11/1) pagi.

Sekretaris Satgas Covid 19 OKU Amzar Kristopa menjelaskan, sosialisasi dilakukan di Pasar Atas karena pasar menjadi salah satu pusat keramaian di kota Baturaja. “Sosialisasi ini sebagai upaya pencegahan dan penanganan wabah Covid 19,” ujar Amzar.

Selain itu, sambung Amzar, sosialisasi dilakukan karena dari pantauan selama ini serta razia prokes di tempat umum, masih banyak masyarakat yang tak mematuhinya. “Kesadaran masyarakat menerapkan prokes masih minim. Padahal ini untuk kebaikan bersama,” ungkapnya.

Kepala Unit Pasar Atas Emi Susanti menyebutkan, pihaknya kerap mengingatkan pengunjung pasar agar menerapkan prokes. “Sering disampaikan agar melaksanakan instruksi pemerintah bersama-sama,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga selalu menyemprot disinfektan di kawasan pasar. “Penyemprotan disenfektan dilakukan seminggu sekali, ” tandasnya.

Sementara Bupati OKU H Kuryana Azis saat menghadiri pembayaran BST tahap 10 di Kantor Pos Baturaja juga mengingatkan masyarakat agar terus menerapkan prokes. “Wabah ini berbahaya. Apalagi sekarang ada wabah dengan varian baru yang berasal dari Inggris,” ungkapnya.

Dirinya berharap, jumlah kasus Covid 19 di Kabupaten OKU tidak bertambah lagi. Berdasarkan data situasi Covid 19 di Sumsel per 10 Januari 2021, kasus positif di Kabupaten OKU mencapai 203 orang dengan korban meninggal 19 orang.

“Cukuplah sampai di situ, jangan bertambah lagi. Mari sama-sama menjaga agar wabah ini segera berakhir,” tandas Kuryana. (stf)