Rumah Panggung Dilalap Api

6

OKU SELATAN –  Di awal tahun 2021 ini musibah kebakaran, Senin (04/1) sekira pukul 08.30 wib menimpa rumah panggung milik Nurhamsia (70) warga Dusun Dua Desa Suka Maju Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan.

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui asal api. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa dan kerugian belum bisa ditafsir.

.Api baru bisa dipadamkan satu jam kemudian berkat gotong royong masyarakat yang dipimpin langsung oleh Camat Banding Agung dengan menurunkan satu unit mobil kebakaran sehinga api tidak sampai merambat ke bangunan lainya.

Camat Banding Agung, Adi Saputra SE membenarkan ada kejadian kebakaran rumah panggung Senin pagi sekitar pukul 08.30 wib tersebut. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, hanya satu rumah yang hangus terbakar dan kerugian belum bisa di tafsir berapa jumlahnya.

“Asal api belum bisa diketahui berasal dari mana. Alhamdulillah, berkat ke sigapan masyarakat bergotong royong dibantu satu unit damkar, sehingga api padam dan tidak menyambar ke bangunan lainya,” terang Camat.

Dikatakan Camat, rumah yang terbakar tersebut atas milik Nurhamsiah (70) warga Dusun Dua Desa Sukamaju Kecamatan Banding Agung. Mengenai musibah kebakaran rumah yang sering terjadi kebakaran, dirinya menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kecamatan Banding Agung untuk waspada terhadap kemungkinan kebakaran rumah.

“Tidak meninggalkan rumah dalam keadaan kompor masih menyala. Sebelum meninggalkan rumah periksa kembali aliran listrik dan tidak meninggalkan rumah dalam keadaan charge hp masih terpasang. Periksa kabel-kabel listrik yang tidak terbungkus,” jelasnya.

Dikatakannya, secara pribadi dirinya selaku Pemerintah Kecamatan Banding Agung menyampaikan duka yang mendalam. Namanya musibah tidak bisa menolak, namun harus bisa menyikapi, anggap ini ujian dari Allah yang selalu ada hikmahnya.

“Artinya kita tetap tegar, bahwasanya ini ada hal yang baik yang tersembunyi yang tidak tahu dan tentunya kita tetap sabar menghadapi cobaan ini,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan, H. Doni Agusta SKM. M. juga menghimbau kepada masyarakat OKU Selatan agar waspada terhadap potensi kebakaran rumah, mengingat kejadian yang sudah-sudah kebakaran banyak terjadi akbat konsleting listrik, api dapur dan lainnya yang bisa menyebabkan terbakar. 

Dari itu, terangnya masyarakat harus berhati-hati dan tetap waspada dan dalam waktu dekat pihaknya akan memberikan bantuan logistik tanggap darurat kepada korban musibah.

“Kita mengingatkan kepada masyarakat OKU Selatan agar tetap waspada dengan potensi kebakaran rumah, dengan berhati-hati menggunakan api di dapur, baik menggunakan gas elpiji maupun menggunakan kayu bakar, dan juga kabel-kabel listrik yang di aliri listrik harus dipastikan aman. Apabila meninggalkan rumah, situasi rumah harus di lihat dulu apakah api dapar masih menyala atau colokan listrik yang masih tercolok diharapkan dicabut. Ini sangat potensi penyebab kebakaran, jadi mari kita tetap waspada dengan api,” pungkas Doni. (ant)