OKU Terima Dana Penggiat Usaha Mikro Rp19,4 M

6

OKU – Kabupaten OKU selama 2020 sukses mendatangkan dana bantuan senilai Rp19,4 miliar yang diperuntukan untuk badan penggiat usaha mikro di wilayah tersebut. “Dana tersebut diperuntukan untuk 8.145 badan penggiat usaha mikro,” ungkap Plt Kepala Dinas Koperasi OKU, Pahmi Alian, kemarin (04/01).

Dia menjelaskan, pihaknya pada awalnya mengusulkan ke pusat agar pada 2020 sebanyak 27.608 badan penggiat usaha mikro di OKU memperoleh bantuan, namun yang dikabulkan pusat hanya 8.145 badan penggiat usaha mikro saja atau terealisasi 29,5 persen. Adapun jumlah bantuan yang diterima badan penggiat usaha mikro tersebut adalah sebesar Rp2,4 juta perorang selama setahun.

“Proses pencairan dana ini diperpanjang sampai Februari 2021. Jadi bagi yang belum mengambil uangnya silahkan diambil, karena kalau lewat batas waktu yang ditetapkan, uangnya akan dikembalikan ke pusat lagi,” tegasnya.

Dia mengatakan, proses pengambilan uang bantuan itu sendiri bisa dilakukan secara daring pribadi atau pemberitahuan dari perbankan atau langsung datang ke kantor Dinas Koperasi OKU. “Bisa juga dilihat ke website eform.bri.co.id,” tegasnya.

Selain Dinas Koperasi OKU ungkap Pahmi, bantuan serupa juga berhasil didatangkan oleh sejumlah lembaga, perbankan dan BUMN di Kabupaten OKU. Adapun rincinannya untuk lembaga tercatat ada 82 badan penggiat usaha mikro di OKU yang menerima bantuannya dengan total nilai Rp196,8 juta, perbankan 422 penggiat usaha mikro dengan nilai Rp1 miliar lebih dan BUMN 5.143 dengan nilai Rp12,3 miliar.

“Jika ditambahkan dengan bantuan yang kita kucurkan totalnya ada 13.792 badan penggiat usaha mikro di OKU yang menerima bantuan ini dengan total nilai Rp33,1 miliar. Mudah – mudahan pada 2021 nanti bantuannya bisa dilanjutkan yang menerima jumlahnya ditambah,” pungkasnya. (bet)