HD Beri Kado Jembatan Musi 6

15

PALEMBANG – Mengakhiri tahun 2020, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru memberikan kado istimewa  bagi masyarakat Kota Palembang berupa jembatan Musi 6 yang menghubungkan kawasan seberang Ilir (tangga Buntung) dan Seberang Ulu (Kertapati)  Kota Palembang.

Difungsikannya jembatan yang sempat mangkarak 2 tahun lebih tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur Herman Deru yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, penekanan tombol sirine dan dilanjutkan dengan peninjauan jembatan oleh Gubernur didampingi Ketua TP PKK Hj. Febrita Lustia.

Menurut Gubernur, keberadaan jembatan Musi 6 merupakan wujud kepedulian Pemerintah Provinsi untuk menjawab harapan masyarakat agar memiliki akses infrastruktur yang lebih baik, mengurai kemacetan dalam Kota Palembang yang kian-hari arus lalulintasnya kian padat seiring dengan kian pesatnya  pertumbuhan penduduk serta majunya  sektor ekonomi di Provinsi Sumsel.

“Jembatan ini kita bangun mutlak menggunakan dana Provinsi Sumsel. Ini kado akhir tahun bagi masyarakat Palembang,” ungkap Herman Deru mengawali sambutannya.

Menurutnya Herman Deru, keberadaan Jembatan Musi VI bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di Palembang, terutama akses penyebrangan dari seberang Ulu ke Ilir maupun sebaliknya.

“Estimasi kita jembatan ini bertahan 50 tahun. Tetapi estimasi ini bisa saja tidak tercapai jika tidak dipelihara dengan baik yakni dengan membebani jembatan ini sesuai dengan aturannya. Ingat, menjaga jembatan ini menjadi tanggungjawab semuanya,” ucapnya.

Selain berfungsi sebagai akses penyeberangan, keberadaan jembatan baru ini lanjut Herman Deru juga memiliki daya tarik tersendiri karena dilengkap dengan pencahayaan yang baik. Sehingga menambah keindahan Kota Palembang. Belum lagi ornamen tanjak di tengah-tengah jembatan menambah nuansa identitas daerah yang kaya akan budaya dan kearifan lokal.

“Berbicara hak masyarakat, seberang Ulu dan Ilir memiliki hak yang sama, termasuk infrastruktur. Ini adalah jawaban yang kita berikan untuk pemerataan hak tersebut,” tegas Herman Deru.

Herman Deru memaparkan, pada tahun 2020  ini berbagai program infrastruktur pemerintah telah tuntas direalisasikan hingga 95 persen. Semua program telah dibangun di masa kepemimpinan HDMY tahun 2020.

“Mudah-mudahan hubungan antar masyarakat seberang Ulu dan Ilir semakin baik dengan adanya jembatan ini. Jembatan ini sudah dinyatakan selesai pembangunannya, saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak,” imbuhnya.