BST 2021, Tunggu Kepastian Kemensos

OKU – Bantuan Sosial Tunai (BST) dikabarkan masih akan disalurkan di tahun 2021 mendatang. Bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) itu akan diberikan di semester pertama. Yakni Januari hingga Juni mendatang.

Namun besaran bantuan yang dibayarkan per bulan ini turun Rp 100 ribu/bulan dari bantuan yang disalurkan tahun ini. “Kabarnya bakal terima Rp 200 ribu/bulan. Padahal di tahun ini, bantuan tersebut awalnya diberikan Rp600 ribu/bulan turun menjadi Rp300 ribu/bulan hingga penyaluran tahap 9 tahun 2020,” ujar Warto, warga kelurahan Sukaraya, kecamatan Baturaja Timur, kemarin (30/12).

Dirinya mendapat kabar tersebut dari berita yang tersebar di media sosial baru-baru ini. Namun, dirinya masih belum percaya. Terlebih dari Pemerintah Kabupaten OKU belum memberikan kabar pasti. “Biasanya ada informasi dari pemerintah kelurahan. Tapi sampai sekarang belum ada kabar, ” imbuh Warto.

Kepala Dinas Sosial OKU, Syaiful Kamal menyebut, pihaknya belum menerima surat resmi dari Kemensos RI terkait kelanjutan pembayaran BST 2021. “Suratnya (dari Kemensos) belum ada,” kata Syaiful.

Hal serupa juga diungkapkan Kepala Kantor Pos Baturaja Aldy. Ia belum bisa memastikan penyaluran BST tahun 2021 karena surat dari Kemensos belum diterima. “Kalau di berita, memang penyaluran BST dilanjutkan pada tahun 2021. Tapi kepastiannya tunggu dari Kemensos,  katanya.

Disinggung mengenai penyaluran BST tahun 2020, rata-rata bantuan tersalurkan 99,7 persen. Ini untuk penyaluran mulai tahap 7 hingga tahap 9. “Tahap 4 sampai tahap 6, terelisasi di atas 95 persen karena banyak perubahan data penerima dan banyak yang tidak ditemukan alamatnya atau orangnya tidak ditemukan,” tegas Aldy. (Stf)