Bidik Enam Ribu Pengunjung

Objek wisata Gua Putri tak melakukan persiapan khusus menyambut wisatawan Tahun Baru 2021. Kendati demikian, pengelola menargetkan 6.000 tiket terjual. Foto: Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Objek wisata Gua Putri di desa Padang Bindu, kecamatan Semidang Aji, tak menyiapkan acara khusus menyambut wisatawan pada Tahun Baru 2021 lusa. Kondisi ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Panitia hanya menyiapkan karaoke online bagi pengunjung yang ingin bernyanyi,” ucap Erlan, pengelola objek wisata Gua Putri, kemarin (29/12).

Biasanya pada Tahun Baru, pengelola Gua Putri menyiapkan panggung hiburan untuk menghibur pelancong. Di panggung hiburan tersebut, pengelola menyediakan orgen tunggal serta penyanyi. “Saat ini masa pandemi Covid 19, tidak boleh menggelar acara yang bisa mengumpulkan massa dalam jumlah banyak dan ramai,” ungkap Erlan.

Sejumlah persiapan menyambut wisatawan yang datang dilakukan pengelola. Salah satunya menambah penerangan di dalam gua. “Dinas Pariwisata OKU memberikan 20 unit lampu obor elektrik, masih ditambah lampu penerangan biasa dari pengurus gua,” terangnya.

Pihaknya menargetkan 6.000 pengunjung selama libur tahun baru pada 1-3 Januari. “Karena Tahun Baru jatuh di hari Jumat, target 6.000 tiket terjual selama tiga hari. Mungkin puncak kunjungannya di hari Minggu (3/1),” tuturnya.

Selama libur Tahun Baru, pihaknya tidak menetapkan tarif khusus. Tarif yang diberlakukan Rp 5.000/orang dan Rp5.000/sepeda motor, termasuk penitipan helm. Sementara tarif mobil Rp 5000/unit, di luar tarif masuk penumpang. “Baik kendaraan maupun pengunjung sama-sama dikenakan tarif p 5 ribu,” tandas Erlan. (stf)