Menulis Kembangkan Imajinasi-Kreatifitas

32
Foto: mustofa/oku ekspres Final Lomba Menulis Surat untuk Bupati dan Wakil Bupati OKU

BATURAJA TIMUR – Setelah sempat tertunda beberapa bulan, akhirnya pemenang Lomba Menulis Surat untuk Bupati OKU dan Wakil Bupati OKU diumumkan. Para pemenang lomba diumumkan di pendopo Rumah Dinas Bupati OKU pada 17 Desember lalu.
Karena masih pandemi Covid 19, maka acara digelar mengikuti protokol kesehatan. Jumlah tamu yang hadir pun dibatasi hanya pejabat Disdik OKU, kepala SD/SMP pemenang lomba, serta 12 pemenang lomba.
Lomba ini dimulai pada 17 Maret lalu yang diikuti sebagian besar pelajar SD/ SMP di Kabupaten OKU. GM OKU EKSPRES Imam Nuryadin mengatakan, seharusnya final ini dilaksanakan pada Juni lalu. “Namun, karena Covid 19, maka partai final terpaksa ditunda,” kata Imam.
Ia menyebutkan, selama lomba berlangsung, sekitar 26 ribu pucuk surat diterima panitia dari seluruh pelajar SD/SMP di Kabupaten OKU. “Seleksi pemenang cukup ketat,” katanya.
Setelah melewati proses seleksi seleksi dan penilaian, tim juri menetapkan enam pemenang untuk kedua kategori. Setiap pemenenang menerima hadiah uang tunai. Kemudian, OKU EKSPRES juga menyerahkan bantuan dua unit laptop kepada dua sekolah.
Pada final ini, siswa yang meraih juara I untuk kategori SD/SMP membacakan surat yang ia tulis di hadapan undangan yang hadir.
Kepala Disdik OKU H Teddy Meilwansyah, S.STP, MM yang diwakili Sekretaris Disdik OKU Alfarizi mengakui, lomba yang digelar ini sangat inspiratif untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten OKU. “Alasannya, lomba ini mampu mengembangkan kemampuan imajinasi dan kreatifitas siswa,” kata Alfarizi.
Ia mengatakan, bila peserta kurang imajinasi, maka akan tersisih. Dalam menulis, tambah Alfarizi, dibutuhkan imajinasi dan kreatifitas. Sehingga lomba ini merupakan salah satu cara yang mampu mengembangkan imajinasi dan kreatifitas siswa. “Oleh karena itu, Disdik OKU sangat mengapresiasi lomba ini,” paparnya.
Ternyata, lomba menulis surat ini mengungkit kenangan Bupati OKU Kuryana Azis. Hal ini ungkapkan saat ia memberi kata sambutan. Di hadapan peserta, guru, dan kepala SD/SMP, ia mengaku pernah mengikuti lomba serupa beberapa tahun silam. “Alhamdulilah saya ia berhasil meraih juara. Pialanya masih saya simpan sampai sekarang,” kata Kuryana.
Pria yang mengenakan baju koko putih ini mengungkapkan, surat merupakan salah satu sumber informasi. Oleh karena itu, lomba ini harus digiatkan lagi agar siswa gemar membaca dan menulis. “Anak yang pandai menulis cenderung pintar,” katanya.
“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang terus memberi motivasi kepada anak-anak untuk menulis surat,” tegas Kuryana. (alv)

Pemenang Lomba Menulis Surat untuk Bupati dan Wakil Bupati OKU Kategori SD

Juara Nama Sekolah Kecamatan
I Azkiyatu Ulya SDN 28 OKU Lubuk Raja
II M. A Rahmadania SD Fransiskus Baturaja Baturaja Barat
III Siti Aisyah SDN 123 OKU Muara Jaya
Harapan 1 Sarah N.H. SDN 116 OKU Muara Jaya
Harapan 2 Deca Ananda SDN 76 OKU Lengkiti
Harapan 3 Valda Natasya SDN 67 OKU Sosoh Buay Rayap

Pemenang Lomba Menulis Surat untuk Bupati dan Wakil Bupati OKU Kategori SMP

Juara Nama Sekolah Kecamatan
I Zahra Nurus Shofa SMPN 37 OKU Sosoh Buay Rayap
II E. A Natasya SMPN 6 OKU Peninjauan
III Zela Tiana Rista SMPN 1 OKU Baturaja Timur
Harapan 1 A. L Anggani SMPN 29 OKU Peninjauan
Harapan 2 C. R Putri SMPN 21 OKU Baturaja Barat
Harapan 3 A. A Ramona SMPN 23 OKU Baturaja Timur

Sekolah Yang Menerima Bantuan Laptop

SDN 124 OKU
SMPN 37 OKU