Ban Mobil Pecah, Rp115 Juta Raib

OKU – Aksi pencurian dengan modus pecah ban mobil terjadi pada 14 Desember kemarin di Jl Husni Tamrin, Kelurahan  Sukaraya, Kecamatan Baturaja Timur, sekitar pukul 13.30 WIB.

Korban pencurian tersebut bernama Hendi, seorang pensiunan BUMN. Pria 57 tahun tersebut merupakan warga Dusun Triharjo RT 001 desa Batumarta 1, blok P Kecamatan Lubuk Raja.

Dari keterangan Hendi kepada polisi, pencurian tersebut terjadi saat dia bersama istrinya, Juminah (49), keluar dari salah satu bank di kota Baturaja usai menarik uang Rp115 juta. Ia pun akan pulang ke rumahnya di desa Batumarta 1.

Dalam perjalanan pulang dari bank, ia mengemudikan kijang kapsul BG 1995 FC dengan santai dan tanpa curiga.

“Saat melintas di Bank BRI Syariah Pasar Baru, saya merasakan ban belakang sebelah kiri mobil kempes. Namun saya paksakan mobil tetap jalan hingga sampai Jl Husni Tamrin, tepatnya di depan pempek Berkat Yakin,” ujar Hendi.

Untuk memastikan keadaan ban mobil, Hendi menyuruh istrinya untuk turun memeriksa ban mobil. Benar saja, setelah diperiksa ternyata ban kiri belakang miliknya kempes.

“Saya turun dari mobil untuk mengganti ban yang kempes dengan ban cadangan. Sedangkan tas selempang loreng yang menjadi tempat uang yang ditarik dari bank diletakan di kursi mobil dekat sopir. Saya tidak membawa serta tas itu saat mengganti ban,” beber Hendi.

Setelah mengganti ban dan hendak melanjutkan perjalanan, Hendi beserta istrinya baru menyadari tas selempang yang berisi uang sudah tidak ada pada jok mobil. “Saya bersama istri lalu melaporkan kehilangan tas ini ke Polsek Baturaja Timur,” timpalnya.

Terpisah, Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga, SIK MH melalui Kapolsek Baturaja Timur AKP Sulis Pujiono membenarkan kejadian tersebut. Ia juga telah memerintahkan personil Polsek Baturaja Timur untuk menangani kasus tersebut. “Kasus ini masih didalami. Kemarin, Unit Reskrim sudah mendatangi TKP bersama korban. Kita juga sudah memeriksa saksi di sekitar tempat kejadian, termasuk rekaman kamera pengaman,” tegas Sulis. (lee)