Balai Bahasa Sumsel Anugerahi Koran-Hotel Penghargaan

Balai Bahasa Sumsel menganugerahi enam media massa dan enam hotel-penginapan atas penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu media massa yang meraih penghargaan tersebut adalah OKU EKSPRES. Foto: Alhadi/Palembang Ekspres. (*)

PALEMBANG – OKU EKSPRES berhasil meraih penghargaan dari Balai Bahasa Sumsel. Penghargaan ini diberikan karena OKU EKSPRES dan lima media cetak lainnya di Sumsel dinilai telah mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia.

Selain media cetak, penghargaan serupa juga diberikan kepada enam hotel dan penginapan yang ada di kota Palembang.

Penghargaan ini diberikan dalam acara Penyerahan Penghargaan Pengutamaan Penggunaan Bahasa Indonesia di Lembaga Swasta (Kategori Hotel dan Penginapan) se Kota Palembang dan Media Massa Lokal se Sumsel 2020 di Palembang, akhir pekan kemarin.

Ada enam media massa, khususnya media cetak, yang memperoleh penghargaan ini. Yaitu Sumatera Ekspres, Sriwijaya Post, Oku Timur Pos, Palembang Ekspres, Pagaralam Pos, dan OKU EKSPRES.

Sedangkan untuk kategori hotel dan penginapan adalah Hotel Duta Syariah, Wiswa Srijaya, Hotel Swarna Dwipa, Hotel Sukarami, Hotel Win, dan Wisma Atlet.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel Drs. Umar Solikhan, M.Hum menjelaskan, penghargaan ini diberikan sebagai upaya pemartabatan bahasa Indonesia. Ia mengakui, bahasa Indonesia di Sumsel saat ini belum bermartabat.

Tandanya, kata Umar, adalah sikap masyarakat yang belum menggambarkan rasa cinta dan bangga menggunakan bahasa Indonesia. “Penggunaan bahasa asing masih mendominasi, warga bangga menggunakan produk asing, dan bangga menggunakan istilah asing,” kata Umar.

Mantan Kepala Balai Bahasa Jawa Barat ini juga mengungkapkan, diantara 17 kabupaten/kota di Sumsel, Kabupaten OKU dan OKU Timur termasuk kabupaten kategori D.

“Artinya penggunaan bahasa Indonesia dengan tepat di kabupaten tersebut masih rendah. Bangga menggunakan bahasa Indonesia bukan berarti anti terhadap bahasa asing. Tetapi bisa menempatkan atau menggunakan bahasa asing dengan tepat,” kata Umar.