Tabung APAR Harus Dirawat

Penyedia jasa APAR memberikan simulasi penggunaan APAR. Memiliki APAR tidak hanya dipajang di rumah, namun perlu perawatan khusus agar APAR bisa difungsikan saat dibutuhkan. Foto : Mustofa/Oku Ekspres. (*)

OKU – Alat Pemadam Api Ringan atau APAR harus dirawat agar tetap bisa berfungsi dengan baik. Sehingga saat terjadi kebakaran, APAR yang disiagakan di rumah bisa difungsikan secara maksimal.

“Ada perawatan rutin yang wajib dilakukan supaya APAR bisa berfungsi maksimal,” ujar Taslim, pemilik usaha APAR.

Dijelaskan Taslim, APAR yang berisi bubuk yang belum digunakan wajib dirawat secara khusus. Seperti mengantisipasi penggumpalan bubuk di dalam tabung. “Idealnya, perawatan dilakukan sebulan sekali. Tabung APAR dibalik supaya bubuk yang mengendap di bawah tabung berbalik ke bagian atas tabung,” jelasnya.

Dengan cara ini, sambung Taslim, bubuk tidak menggumpal. Sehingga saat digunakan, bubuk bisa disemprot dan bisa memadamkan pai secara maksimal.

“Harus dicek juga tekanan angin. Kalau tekanan angin kurang, bubuk tidak bisa keluar lewat selang,” ungkapnya.

Dirinya juga memastikan agar pengguna APAR tidak dilakukan sembarangan membuka nozel tabung. Karena, sangat berbahaya.

“Jangan pernah membuka kepala tabung karena bisa membahayakan pembuka nya. Kepala tabung bisa menghantam tubuh si pembuka. Sebaiknya dilakukan oleh yang paham,” tandasnya. (stf)