Hasil Rapid Tes Tunggu Satgas

OKU – 725 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se Kabupaten OKU pada 26 – 28 November menjalani rapid tes serentak. Hal ini dilakukan Bawaslu OKU untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid – 19 dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU 2020.

Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya didampingi Anggota Bawaslu OKU, Anggi Yumarta dan Yeyen Andrizal mengatakan, untuk mencegah terjadinya kerumunan dalam jumlah besar, Bawaslu OKU melakukan rapid test melalui Panwaslu Kecamatan. “Pelaksanaan rapid test, Bawaslu OKU bekerjasama dengan Satgas Covid – 19 Kabupaten OKU,” ucap Dewantara.

Ditambahkan Dewantara, tidak hanya PTPS, Panwaslu Kelurahan dan Desa serta Panwascam juga dilakukan rapid test bahkan ke tingkat Bawaslu OKU yang bertujuan untuk memastikan kesiapan kesehatan pengawas pemilihan umum dijajaran Bawalu OKU.

“Hasil rapid test masih menunggu Satgas Covid – 19 OKU. Jikapun nantinya ada yang reaktif dilakukan rapid selanjutnya atau ke dua,” terang Dewantara.

Menurut Dewantara, 3 PTPS dari di Kecamatan Peninjauan dan Kecamatan Lengkiti belum mengikuti rapid tes lantaran sakit. “Semua wajib mengikuti rapid karena merupakan salah satu persyaratan yang harus dijalankan saat akan melaksanakan tugas pengawasan di lapangan terutama menghadapi tahapan pungut hitung 9 Desember 2020 mendatang,” tukas Dewantara. Ditegaskan  Dewantara, jika nantinya setelah dilakukan rapid test sebanyak 2 namun PTPS (dua) masih reaktif, maka sesuai aturan berlaku akan dilakukan Pengantian Antar Waktu (PAW) terhadap PTPS tersebut. “Pengantinya yakni pendaftar PTPS yang ada dibawa PTPS terpilih saat ikut seleksi kemarin,” pungkas Dewantara. (bet)