Kartika Yudha 2020, Libatkan 3.300 Tentara

Kasad Jend Andika Perkasa meninjau puncak latihan tempur antar kecabangan TNI AD di Puslatpur Kodiklat TNI AD Baturaja. Foto: ist. (*)

OKU – Pada latihan antar kecabangan Kartika Yudha 2020, TNI AD menggunakan Roket Astros SS-40. Ditembakkan dari jarak 19 kilometer, roket tersebut berhasil mengenai sasaran dengan akurat.

Kasad Jend Andika Perkasa mengungkapkan, jarak yang ditempuh roket tersebut lebih jauh 7 km bila dibandingkan dari biasanya hanya 12 kilometer untuk di darat. “Tahun depan, jarak tempuh roket ini harus meningkat lagi di sekitar 60 km,” kata Andika.

Di latihan ini, TNI AD melibatkan 3.300 personil dari Brigade Infanteri (Brigif) R-9 Kawa Timur. Tak hanya kecabangan di AD, latihan tahun ini juga melibatkan sembilan kapal perang TNI AL dalam menyokong latihan tempur tersebut. “Ini latihan yang sangat bagus, bukan hanya antar kecabangan di TNI AD, tetapi juga TNI AL,” kata Andika.

Latihan Antar Kecabangan TNI AD Kartika Yudha tahun ini dilaksanakan di dua tempat terpisah. Di Mako Brigif R-9 untuk Latihan Posko 1 dan Latihan simulasi tempur komputer serta latihan taktis digelar di  Pusat Latihan Tempur Kodiklat AD Baturaja.

Latihan taktis di Puslatpur Baturaja digelar selama  33 hari untuk membina dan meningkatkan kemampuan satuan kecabangan TNI AD. Materi latihan adalah pertahanan dan serangan dalam mendukung tugas pokok TNI AD menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

“Dengan latihan Antar Kecabangan setiap tahun ini diharapkan dapat memelihara kesiapan operasi dan meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AD,” jelasnya.

Sementara itu, alutsista yang digunakan dari Satuan Kavaleri adalah Tank Leopard 2A4 dan Leopard 2 RI, tank Leopard ARV, Marder, panser Anoa, Panser APR. Kemudian satuan Infanteri  menerjunkan ranpur M 113, SMB SM-5, senapan serbu SS-2, Mortir 81, Mortir 60 LR, Mo 60 Commando, SLT C-90-CR, SPR-2, SO Minimi.

“Untuk Satuan Artileri Medan, ada Meriam Caesar, Comodo BCV, Comodo Meteo, Astros AV LMU, Astros AV RMD, AV Meteo, AV OFVE, AV UCF, Komodo Bacara, unit AV PCC, Meriam 76 mm dan dari Satuan Artileri Pertahanan Udara berupa Mistral Atlas, MPCV, MCP,” jelasnya.

Sementara Satuan Zeni, TNI menerjunkan ransus Nubika, ransus Jihandak, ransus RO dan Bomb trailer. Dari Satuan Perhubungan berupa  Kendaraan Direction Finder. Satuan Penerbad berupa Bell 412, Fennec, Apache.

“Satuan Polisi Militer dan Satuan Kesehatan  diterjunkan Rantis Anoa, Rantis APR dan Ranpur M 113 ambulance. Latihan gabungan dengan negara sahabat selanjutnya akan digelar di pulau Kalimantan,” pungkasnya. (ar)