Mayat Wanita Ditemukan Membusuk

6
Petugas medis bersama anggota Polsek Baturaja Timur mengevakuasi jasad korban yang meninggal dunia di kosan. Foto: herli yansah/oku ekspres. (*)

OKU – Sesosok mayat berjenis kelamin perempuan ditemukan membusuk di sebuah kos di kelurahan Sukaraya, kecamatan Baturaja Timur. Kontan saja, penemuan mayat tersebut mengundang masyarakat sekitar untuk melihat dan mengetahui identitas mayat tersebut.

Berdasarkan KTP dan SIM C yang ditemukan, mayat perempuan tersebut merupakan Christina Ernawati. Ia tercatat sebagai warga RT 01/RW 01 kelurahan Sepancar Lawang Kulon, kecamatan Baturaja Timur.

Hj. Rahayu, yang merupakan pemilik kosan pertama kali menemukan jasad wanita yang dipanggil Erna tersebut. Erna ditemukan di dalam kamar mandi dan posisi tubuh seperti sujud.

“Waktu itu saya habis salat di rumah, terbersit niat untuk mengunjungi kosan ini (yang dihuni Erna). Lalu saya menuju ke kosan ini. Tiba di kosan Erna, saya mencium bau tak sedap dari dalam kosan Erna. Saya ketuk pintu kosan, namun sama sekali tidak ada jawaban. Akhirnya saya dobrak pintu kosannya. Ketika saya cari, tenyata dia (Erna) ada di dalam kamar mandi dan sudah membusuk,” tutur Rahayu.

Rahayu pun memanggil menantunya dan melapor ke polisi. “Saya sudah beritahu lurah dan Polsek Baturaja Timur,” papar Rahayu. Ia menambahkan, Erna sudah tinggal di kosan miliknya selama lima tahun.

Selama ini, kata Rahayu, Erna tinggal sendirian. “Namun saya tidak tahu asalnya dan pekerjaannya,” jelasnya.

Masih kata Rahayu, saat dia menemukan Erna, kosan Erna dalam kondisi rapi. Barang barang miliknya seperti sepeda motor, kulkas, dan peralatan lain masih ada. Namun di dalam kamar Erna banyak ditemukan obat. “Tadi saya lihat ada obat maag di kamarnya. Mungkin dia sakit maag,” kata Rahayu.

Di kamar Erna juga ditemukan sebuah pesan di selembar kertas yang ditulis menggunakan pensil. Pesan dalam bahasa Jawa itu ditulis oleh Siska. Hal ini diketahui dari nama penulis pesan yang tertera di kertas tersebut.

Mbak Iki tak tukokne buah, di maem yo. Nek ini opo – opo hubungi aku. 085809985985. dari Siska suwon (Mbak ini saya belikan buah. Dimakan ya. Kalau ada apa – apa hubungi saya. dari Siska. terima kasih),” tulis Siska dalam pesan singkat yang tertulis di kertas.

Anggota Polsek Baturaja Timur yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan olah TKP dengan memeriksa beberapa saksi mata, termasuk pemilik kosan. Jenazah Erna lalu dibawa ke RSUD untuk diotopsi. Sementara itu, Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga SIK MH melalui Kapolsek Baturaja Timur AKP Sulis Pujiono mengatakan, penemuan mayat tersebut masih dalam penyelidikan polisi, termasuk motif meninggalnya Erna. “Kasus ini masih dalam penyelidikan,” ucap Sulis. (lee)