Pohon Tumbang Tutupi Separuh Jalan

Pohon tumbang di Jalan Muaradua - Pulau Beringin, tepatnya di Desa Sukarame Kecamatan Buay Sandang Aji (BSA), Selasa (17/11). Foto : Ist. (*)

OKU SELATAN – Sebuah pohon yang berada di Desa Sukarame Kecamatan Buay Sandang Aji (BSA) Kabupaten OKU Selatan, Selasa (17/11) kemarin tumbang akibat angin kencang dan hujan lebat yang terjadi diwilayah tersebut.

Akibat peristiwa ini reruntuhan pohon tumbang tersebut menutupi lebih dari separuh badan jalan di Jalan Muaradua menuju Pulau Beringin dan berindiksi dapat membahayakan pengendara yang melintas.

Pasalnya material pohon rindang yang jatuh kearah badan jalan tersebut tepat berada dijalur menikung dan menutup jalan sejak pagi. Namun minimnya informasi laporan dari Pemerintah Kecamatan menyebabkan peristiwa ini sulit diketahui oleh pihak terkait yakni BPBD OKU Selatan

Terpantau, sejak pohon rindang tersebut tumbang di area badan jalan hingga pukul 15.30 WIB sore belum terlihat upaya warga maupun pihak terkait untuk menyingkirkan pepohonan yang membahayakan pengendara tersebut.

“Adanya pohon tumbang ini cukup berbahaya, sebab selain area jalan tertutup pohon, jalur disini juga sedikit menikung jad I sangat membahayakan pengguna jalan. Semoga saja kejadian cepat dapat ditanggulangi oleh instansi terkait,”ujar Asep, salah seorang pengendara yang melintas dilokasi tersebut.

Selain itu, terangnya warga Desa Tanjung Raya yang bertetanggaan dengan lokasi pohon tumbang akibat angin kencang dan hujan lebat tersebut tampaknya membiarkan kejadian itu selama belasan jam.

“Tadi pagi saat lewat sudah ada, jadi kemungkinan tumbangnya tadi malam karena semalam ada angin cukup kencang,” ujarnya, Selasa (17/11)

Terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU Selatan H Dony Agusta SKM, MM, setelah mendapat laporan mengaku langsung menurunkan tim reaksi cepat (TRC) untuk menyingkirkan material pohon yang menghalangi badan jalan tersebut.

“Setelah dapat informasi, Kita langsung menuju ke lokasi guna menanggulangi pohon yang tumbang itu karena  menyulitkan pengendara yang melintas,”ujar Dony. (try)