Datangi Sekolah, Rekam Sidik Jari Pelajar

Unit Identifikasi Sat Reskrim Polres OKU Timur saat melakukan Kegiatan Inovasi Sidik Jari On School (SOS). FOTO : CLAUDEO/MIDORCO. (*)

OKU TIMUR – Unit Identifikasi Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres OKU Timur melakukan kegiatan Inovasi Sidik Jari On School (SOS) pelajar di SMA Negeri 3 Martapura. Kegiatan itu tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon SIK MH melalui Kasat Reskrim AKP I Putu Suryawan SIK MH didampingi anggota unit Identifikasi Bripka Erwinsyah SH mengatakan, Inovasi  Sidik jari On School (SOS)  merupakab sebuah program kreatif dari anggota Ur Identifikasi Sat Reskrim Polres OKU Timur dibidang pelayanan masyarakat dengan mendatangi sekolah-sekolah tingkat SMA se-Kabupaten OKU Timur secara berkala setiap awal bulan.

“Kegiatan SOS ini merupakan pelayanan kepolisian untuk mendatakan data pribadi dan sidik jari siswa SMA kedalam AK 23 Digital dan manual sebagai bank data Kepolisian dan memberikan kemudahan bagi siswa yang bersangkutan untuk mendapatkan rumus sidik jari secara gratis tanpa dipungut biaya,” tegasnya.

Fungsi sidik jari bagi masyarakat kata Kasat, untuk keperluan SKCK dan keperluan identitas lainnya. Sedangkan sidik jari bagi kepolisian, untuk bahan dasar yang menjadi bukti otentik.

Berdasarkan data yang diinput menjadi base data atau bank data yang sangat penting sebagai bahan pembanding apabila suatu saat data tersebut dibutuhkan dalam proses Penyelidikan dan penyidikan Kepolisian.

“Dengan adanya bahan pembanding tersebut upaya Kepolisian dalam rangka ungkap kasus perkara menjadi lebih mudah dan tingkat Kepercayaan Masyarakat kepada Polri semakin meningkat,” jelasnya.

Giat Inovasi SOS ini, lanjut Kasat, juga bertujuan membantu siswa-siswi SMA dan SMK agar menjadi lebih mudah apabila suatu saat yang bersangkutan ingin membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) atau keperluan lainnya.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat berguna dan bermanfaat bagi Kepolisian yang Profesional, Modern dan Terpercaya,” pungkasnya. (clau)