Ajukan Bantuan Bibit Padi

Padi sawah yang sudah ditanami petani sudah mulai tumbuh. Apalagi, curah hujan sudah mulai stabil. Foto: gunawan/oku ekspres. (*)

OKU – Pada 2021 mendatang, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura OKU berencana mengucurkan bantuan kepada petani. Tujuannya untuk meningkatkan mutu hasil pertanian. Bantuan tersebut berupa bibit dan kebutuhan pertanian lainnya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut, kelompok tani (poktan) harus mengajukan proposal. Proposal bantuan tersebut harus sudah diserahkan sebelum 2021. “Untuk tahun depan, Kelompok Tani Tunas Inti mengusulkan bibit padi sawah,” ucap Ketua Kelompok Tani Tunas Inti Aman, kemarin (18/11).

Poktan Tunas Inti memiliki lahan 25 hektar di desa Batumarta I. Dalam satu hektar lahan tersebut akan mendapatkan 20 kg bibit padi. Diperkirakan, poktan Tunas Inti akan mendapatkan bantuan bibit sebanyak 500 kg. Bibit tersebut akan ditanam di sawah petani yang tergabung dalam poktan tersebut.

Aman mengatakan, saat ini petani sudah menanam bibit padi. Bahkan sudah ada padi yang tumbuh subur. Ia juga mengakui, hujan yang turun saat ini sudah mulai stabil. “Kondisi ini sangat menguntungkan petani,” paparnya.

Ia menjelaskan, walaupun tidak ada sawah irigasi di desa ini, namun padi cukup baik ditanam di sawah tadah hujan. (gun)