Satu Ditangkap, Satu Buron

OKU – Lagi, Unit Reskrim Polsek Baturaja Barat berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan (curat) di kecamatan Baturaja Barat. Setelah empat bulan berlalu, akhirnya pelaku pencurian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 02 OKU di kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat, berhasil ditangkap.

MA merupakan salah seorang pencuri di MIN 02 OKU di kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat. Foto : dok Polsek Baturaja Barat. (*)

Tersangkanya adalah MA (17) dan AA (AA), warga Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat. Keduanya menjadi tersangka pencurian atas laporan Dra. Hj. Agustina (51), yang merupakan Kepala MIN 02 OKU pada 16 Juni 2020 lalu, sekitar pukul 20.00 WIB.

Kapolres OKU AKBP Arif H Ritonga SIK. MH melalui Kasubbag Humas Polres OKU AKP Mardi Nursal mengungkapkan, penangkapan MA merupakan hasil penyelidikan Unit Reskrim Polsek Baturaja Barat selama empat bulan. Dari informasi masyarakat, Polsek Baturaja Barat berhasil menangkap MA saat berada di rumahnya.

“MA ditangkap dalam operasi Sikat Musi 2020. Sedangkan tersangka satunya (AA) saat ini masih buron dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO),” ujar Mardi.

Diterangkan Mardi, dari keterangan MA kepada penyidik, pencurian tersebut dilakukan dengan merusak pagar sekolah. Kemudian pelaku masuk ke ruang kelas dengan mendongkel jendela kelas.

“Tersangka lalu mencuri benda berharga di dalam kelas. Hasilnya pelaku berhasil mencuri enam buah kipas angin di kelas,” terang Mardi.

Dari penangkapan MA, lanjut Mardi, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti 2 unit kipas angin. “Sedangkan empat unit kipas angin lainnya tidak diketahui,” lanjut Mardi.

Usai ditangkap MA dan barang bukti dibawa ke Mapolsek Baturaja Barat untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. “Saat ini anggota Polsek Baturaja Barat masih memburu AA yang masih buron. Untuk kasus ini, MA dijerat pasal 363 KUHPidana,” pungkas Mardi. (lee)