Tujuh Kendaraan Barang Ditilang

Foto : Ist. Petugas Dishub OKU menindak tujuh kendaraan barang di terminal tipe A kelurahan Batukuning saat operasi rutin kendaraan angkutan barang. (*)

Akibat Masa Uji Kir Habis

BATURAJA BARAT – Kendaraan barang yang melintas di Kabupaten OKU terjaring operasi kendaraan yang digelar Dishub OKU dua hari lalu.
“Operasi ini merupakan operasi rutin yang dilaksanakan setiap Rabu sampai akhir bulan,” ujar Kepala Dishub OKU Firmansyah melalui Kasi Lalulintas Jauhari, kemarin (12/11).
Operasi tersebut, jelas Jauhari, terkait pemeriksaan teknis dan layak jalan kendaraan, pemeriksaan dokumentasi angkutan umum dan barang, serta peningkatan PAD di sektor Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB).
“Pemeriksaan ini sesuai dengan amanat UU No 2/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Penertiban dipusatkan di terminal tipe A, Batukuning,” tandasnya.
Kasi Keselamatan Dishub OKU Hasanudin menambahkan, pada penertiban hari pertama kemarin, sebanyak tujuh unit kendaraan yang ditindak petugas.
“Kendaraan yang ditindak masih didominasi kendaraan asal Lampung yang rata – rata habis masa uji kelayakan kendaraan atau kir,” tands Hasanudin.
Pada pertengahan Oktober lalu, Dishub OKU juga merazia truk atau fuso yang mengubah ukuran truk. Padahal, pabrik mobil sudah membuat kendaraan tersebut sesuai dengan standar keamanan.
Pengukuran angkutan barang ini dilakukan di terminal Tipe A Batukuning bersama Balai Penguji Kendaraan Bermotor (PKB) OKU. Kendaraan yang ukurannya diubah harus dipotong agar ukurannya kembali ke ukuran yang sesuai aturan.
Dalam penertiban tersebut, rata-rata bak kendaraan melebihi ukuran yang ditentukan oleh pabrik.
Kelebihan dimensi atau ukuran, rata-rata sampai 10 cm lebih. Kelebihan tersebut harus dibuang jika ingin bisa beroperasi di jalan raya. (stf)