Korsleting, Enam Rumah Terbakar

Warga berupaya menyelamatkan harta benda mereka setelah enam unit rumah di Perumahan Guru 1 terbakar kemarin pagi. Beruntung tak ada korban dalam peristiwa ini. Foto: GUNAWAN/OKU EKSPRES. (*)

BATURAJA TIMUR – Sebanyak enam unit rumah di dua RT terbakar. Enam rumah tersebut berada di Perumahan Guru 1, desa Air Paoh, kecamatan Baturaja Timur. Diduga kuat, kebakaran tersebut terjadi akibat hubungan singkat arus listrik atau korsleting.

Kebakaran enam rumah di RT 2 dan RT 4 ini pertama kali diketahui kemarin pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Rumah pertama yang terbakar adalah sebuah rumah kosong. Karena rumah tua, maka api cepat menyebar.

Rumah milik Superli yang bersebelahan dengan dinding rumah yang kosong tersebut ikut terbakar. Kebakaran terus meluas dengan membakar empat rumah lainnya. 30 menit kemudian, pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian.

Enam unit mobil pemadam kebakaran dan warga berjibaku memadamkan api yang berkobar. Sekitar pukul 07.00 WIB, api berhasil dikuasai.

Seorang saksi mata, Perzan (38) menceritakan kronolgis kejadian. “Awal kebakaran dari kabel listrik yang di rumah Superli,” ungkap Perzan kepada polisi, kemarin (11/11) pagi.

Saat kebakaran terjadi, terdengar beberapa kali ledakan. Beberapa perabotan miliknya yang ia tempatkan di rumah milik Superli habis terbakar. Perabotan  tersebut ia tempatkan di rumah Superli karena ia akan menggelar hajatan di rumahnya.

Enam rumah yang terbakar adalah milik Superli, Jumio, Ita, Holidin, Husnaida, dan Pebri. Diperkirakan, kebakaran ini mengakibatkan kerugian sebesar Rp410 juta.